Peringati Hari Lahir Pancasila Kolaborasi Komunikotavisual dan Mahasiswa DKV ISI Surakarta Lewat Doodle Art

Print Friendly and PDF

Mahasiswa saat membuat doodle art.

Peringati Hari Lahir Pancasila Kolaborasi Komunikotavisual dan Mahasiswa DKV ISI Surakarta Lewat Doodle Art

Solo- majalahlarise.com -Belasan mahasiswa terlihat asyik menggoreskan spidol warna hitam di medium kertas dengan beralaskan spanduk yang diselingi candaan saat beraksi membuat doodle art di shelter Ngarsopuro, Slamet Riyadi Solo. 

Aksi kreatif ini diselengarakan atas kerjasama HIMA Prodi DKV FSRD ISI dengan Komunikotavisual sebagai media alternatif memperingati hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni melalui karya seni, khususnya doodle art yang diselenggarakan pada Rabu, 1 Juni 2022. 

Sekitar 30-an karya dengan beragam gambar seputar tema Bhinneka Tunggal Ika, Garuda Pancasila, beragam peristiwa kebudayaan Nusantara, dan goresan lainnya dipajang melalui doodle art hasil karya mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta, dimana event ini diinisiasi oleh Komunikotavisual sebagai lembaga independen yang fokus mengedukasi masyarakat melalui bidang seni rupa dan desain, dimana event ini mahasiswa juga memajang karya doodle art dengan digantung diantara tiang penyangga shelter di lokasi pedesterian ini. 

Baca juga: Mahasiswa Unisri Solo, Osanando Naufal, Meraih Medali Perunggu SEA Games 2021 Vietnam

Kertas HVS ukuran A4 Kuarto, berwarna putih berganti penuh goresan warna spidol hitam hasil karya beberapa mahasiswa yang tergabung HIMA Prodi DKV FSRD ISI Surakarta menuangkan kreativitasnya melalui coretan atau yang lebih dikenal doodle art. 

Beragam tema seputar Pancasila baik dalam kehidupan sehari-hari maupun berupa penyemangat bagi bangsa Indonesia untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai dalam Pancasila itu sendiri. 

Menurut Basnendar H selaku co founder Komunikotavisual bahwa event unik dimana memperingati kelahiran Pancasila dilakukan dengan berkarya seni rupa bersama di ruang terbuka ini akan sering dilakukan mengingat kondisi pandemi sudah melandai dan tertangani dengan baik. 

Selain memamerkan karya, juga diadakan aksi on the spot di lokasi shelter Ngarsopuro ini.

Emanuella Widiya Pangestika menjelaskan bahwa Doodle Art adalah suatu gaya menggambar dengan cara mencoret, terlihat abstract, ada yang tidak bermakna juga ada yang bermakna, terkadang karya yang dihasilkan tidak memiliki bentuk yang benar namun terlihat unik dan menarik, ungkap yang juga selaku Ketua HIMADKVISKA. 

Lanjut bahwa ia menyambut antusias event ini, selain event pertama di ruang publik paska pandemi, juga ajang berkreasi dan berkarya lewat goresan seputar nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila untuk pegangan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. (Sofyan)


Baca juga: Guru PAI Sub Rayon 03 Gelar MGMP Sekaligus Halal Bihalal dan Lepas Sambut Guru


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top