Sekitar 109 Keris Dipamerkan di DPRD Kota Surakarta

Print Friendly and PDF

Pengunjung melihat koleksi keris yang dipamerkan.

Sekitar 109 Keris Dipamerkan di DPRD Kota Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Pemandangan menarik di dalam Gedung Paripurna DPRD Kota Surakarta, Sabtu–Minggu (14-15/5/2022), kalau biasanya gedung wakil rakyat dipergunakan acara Rapat Paripurna kali ini ada pameran Keris yang dipajang para kolektor yang tergabung Paguyuban Sutresno Tosan Aji Nunggak Semi.

Sekitar 109 keris yang disimpan para kolektor bisa dilihat masyarakat umum, diantara milik kolektor Heri Suryo, Helmawan serta tokoh politik Nasional juga ikut dipamerkan temasuk pula keris pusaka. 

Pengurus Paguyuban Sutresno Tosan Aji Nunggak Semi Dr. Suparjito mengatakan, selain ada Pameran juga Bursa Keris, Sarasehan serta Lelang Keris. Maksud tujuan penyelenggaraan pameran keris menurut Dr. Suparjito untuk menggaungkan kembali tinggalan budaya para lelulur kepada para generasi penerus yang lebih muda sehingga tidak lupa salah satu  budaya bangsa yang adhi luhung. 

Rencana pameran tidak saja diskala Soloraya, nantinya akan juga digelar di Luar Negeri dan akan membuat pula web tentang keris yang dimiliki anggota paguyuban. 


Baca juga: Halal Bihalal Bani Imam Muhammad Giritontro Berlangsung Hangat dan Meriah 

Dr. Jito panggilan akrabnya menambahkan, ada yang menarik diantara Keris dari para Kolektor tersebut selain dibuat jaman Mojopahit serta Mataram Sultan Agung, juga Keris bertangguh Ngayogyakarta Hamengku Buwono VII milik kolektor Heri Suryo.

Pameran dibuka secara resmi sekaligus mengapresisasi oleh Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakoso, bahwa kegiatan yang menempati Gedung DPRD yang bisa dimanfaatkan untuk acara apa saja, apalagi untuk pameran dan bursa keris yang merupakan warisan budaya luhur bangsa Indonesia dan sudah diakui  dunia. 

Sementara itu, Ketua DPRD Surakarta Budi Prasteyo mengatakan, kegiatan ini bsa mengakselerasi kebangkitan ekonomi masyarakat Kota Solo setelah 2 tahun terpukul  pandemi Covid-19 sehingga kegiatan ini bisa mengangkat budaya perkerisan di kota Solo. (Pakdesri/ Sofyan)


Baca juga: IWAPI Cabang Surakarta Mengadakan Halal Bihalal 1443 H


1 komentar:

  1. Semoga dunia perkerisan semakin maju. Sukses 👍👍👍

    BalasHapus


Top