Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Membuat Audio Book

Print Friendly and PDF

Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Praktisi Media) saat menjelaskan proses pembuatan audio book dari perencanaan sampai hasil audio book.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Membuat Audio Book

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa semester 4 Prodi Ilmu Komunikasi FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) menerima materi dan praktik pembuatan audio book dengan menghadirkan narasumber Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Praktisi Media) bertempat di ruang kuliah gedung FISIP lantai 2. Kamis (14/4/2022).

Dalam pembekalan materi, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos menyampaikan ide membuat audio book ini didasarkan pada kebutuhan akan video media pembelajaran maupun video presentasi dalam bentuk audio video yang membutuhkan dubber atau pengisi suara. Hal ini sejalan dengan mata kuliah radio yang melatih vokal atau suara untuk dunia radio.

"Mahasiswa kita ajarkan teknik menulis buku, desain buku, merekam naskah buku dalam bentuk suara atau voice over dilanjutkan mengedit menjadi audio book dan dibagikan ke media sosial," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat audio book ini selama perkuliahan satu semester. Selain itu, hasil karya audio book ini juga digunakan sebagai nilai mata kuliah jurnalisik media radio.

Baca juga: Berbagi Ilmu, Universitas BSI Yogyakarta Akan Menggelar Pelatihan Bisnis Digital

"Tulisan materi untuk audio book yang dibuat tentang kepenyiaran radio hasil tulisan original dari mahasiswa. Terdiri dari empat bab. Pada bab 1 mengulas tentang sejarah kepenyiaran radio, bab 2 penyiar radio, bab 3 reportase radio dan bab 4  talk show radio. Ada juga halaman judul buku, kata pengantar, daftar isi dan daftar pustaka," ujarnya.

Ditambahkan, setelah mahasiswa berhasil menghasilkan karya audio book agar bisa dikembangkan kembali tidak sebatas pada tugas kuliah.

"Mahasiswa nantinya bisa membantu para guru ingin membuat audio book sebagai media pembalajaran di era saat ini dan siapa saja yang membutuhkan media presentasi berupa audio video. Selain itu, bisa bekerja di penerbitan buku sebagai penulis, desain grafis buku, editor sampai jadi membuat audio book," harapnya. (Ian)


Baca juga: 30 Mahasiswa KKN Univet Bantara Terima Penghargaan dan Reward Video Kreatif


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top