Kepala LLDIKTI Wilayah VI Serahkan SK Profesor kepada Dr. Drs. Sutoyo, M.Pd (Dosen Unisri Surakarta)

Print Friendly and PDF

Prosesi penyerahan SK Profesor kepada Dr. Drs. Sutoyo, M.Pd.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Serahkan SK Profesor kepada Dr. Drs. Sutoyo, M.Pd (Dosen Unisri Surakarta)

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah menyerahan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Kenaikan Jabatan Akademik Dosen menjadi Profesor untuk atas nama Dr. Drs. Sutoyo, M.Pd. Juga sekaligus penyerahan Surat Keputusan  Kenaikan Jabatan Dosen menjadi Lektor dan Penetapan Inpassing Pangkat dosen Universitas Slamet Riyadi. Kamis (14/5/2022).

Dalam sambutan, Kepala LLDIKTI Wilayah VIJawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Slamet Riyadi beserta civitas akademika yang telah berhasil mengantar salah satu dosennya menempati jabatan tertinggi akademiknya yaitu menjadi profesor atas nama Dr. Drs. Sutoyo, M.Pd. Gelar profesor ini merupakan yang pertama bagi Universitas Slamet Riyadi dan yang ke-108 di LLDIKTI Wilayah VI (data diambil di Dashboard LLDIKTI VI per tanggal 13 April 2022).

Dengan telah dimilikinya profesor di perguruan tinggi ini, pihaknya berharap bisa menjadi pemantik semangat Universitas Slamet Riyadi untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Jawa Tengah, dan juga menjadi pemacu bagi dosen untuk mengajukan usulan jabatan fungsionalnya. 

Baca juga: Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Univet Bantara Membuat Audio Book

"Data di dashboard per tanggal 13 April 2022 menunjukkan, jumlah dosen di Universitas Slamet Riyadi dengan jabatan fungsional Asisten Ahli sebanyak 36, Lektor sebanyak 44, Lektor Kepala sebanyak 27 dan yang belum memiliki jabatan fungsional sebanyak 43. Inilah yang menjadi perhatian kita bersama agar setiap dosen didorong untuk segera memiliki jabatan fungsional dan meningkatkannya," terangnya

Lebih lanjut dikatakan, dalam upaya tersebut LLDIKTI Wilayah VI melakukan kegiatan pendampingan pengusulan jabatan fungsional untuk membantu dosen jika mengalami kendala dalam pengusulan di sistem Sijago (Sistem Informasi Jabatan Fungsional Go Online). 

"Yang cukup menggembirakan adalah pengusulan jabatan fungsional ke profesor. Data di Sijago menunjukkan, ada 7 usulan yang sedang berproses, dan 5 lainnya yang masih bersiap untuk diajukan. Semoga keberhasilan Dr. Drs. Sutoyo, M.Pd. dapat diikuti oleh dosen lainnya," ujarnya.

Disampaikan pula, untuk menghadapi tantangan Industry 4.0 Perguruan Tinggi haruslah melakukan peningkatan mutu melalui strategi pembenahan kurikulum, pembelajaran bermutu, pengelolaan dengan manajemen yang professional, adaptif dan responsif agar menghasilkan kualitas lulusan yang memiliki akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin, bertanggungjawab, berketerampilan serta menguasai IPTEK. 

"Untuk mewujudkan peningkatan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan maka diperlukan political will dan komitmen yang kuat dari semua unsur Yayasan, Pimpinan perguruan tinggi, Lembaga Penjamin Mutu, Dosen, Mahasiswa," tuturnya.

Diakhir sambutan, pihaknya berharap selanjutnya akan ada profesor-profesor lainnya di Universitas Slamet Riyadi, yang kemudian hal tersebut dapat memperkuat Universitas Slamet Riyadi untuk menuju Unggul dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi khususnya di wilayah Surakarta, dan mampu bersaing di kancah Nasional maupun Internasional dengan tetap berpedoman kepada kualitas mutu sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (Wanto/ Sofyan)


Baca juga: ISI Surakarta Kembangkan Desa “Wayang” Butuh Klaten


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top