HI Unisri Gelar Bimtek Tembus Seleksi CPNS dan Local Staff di Kementerian Luar Negeri

Print Friendly and PDF

Kegiatan bimtek prodi Hubungan Internasional (HI) Unisri Surakarta.

HI Unisri Gelar Bimtek Tembus Seleksi CPNS dan Local Staff di Kementerian Luar Negeri

Solo- majalahlarise.com -Prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), bertempat di gedung H lt.5 Unisri. Kamis (31/3/2022).

Acara dibuka oleh Satria Rizaldi Alchatib, S.IP.M.A, dosen Prodi HI, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa acara diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi HI angkatan 2019, kegiatan ini bertujuan supaya mahasiswa mampu melihat sisi real dari dunia hubungan Internasional. 

"Kami berharap semoga mahasiswa bisa menerima materi tentang kiat-kiat agar tembus seleksi CPNS dan local staff di Kementerian Luar Negeri," ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan Andhika Bambang Supeno M.Si. selaku ex minister conselor dari kementerian luar negeri, sebagai narasumber dan dimoderatori oleh Satria Rizaldi Alchatib, S.IP.M.A.

Baca juga: Jamaah Masjid Baiturrahman Perum Solo Elok, Mojosongo Ajarkan Kebersamaan Kepada Anak Lewat Buka Puasa Bersama

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan menyajikan berbagai topik bahasan mengenai beberapa hal seperti reformasi birokrasi, tata naskah dinas kemlu/perwakilan RI, pelaporan dan telaahan, dan korespondensi diplomtik, sekaligus mahasiswa melakukan latihan penulisan laporan, naskah, perjanjian, dan nota diplomatik, secara baik dan benar sesuai contoh yang diberikan.

Sementara Andhika Bambang Supeno juga menjelaskan acara bimbingan teknis ini berkontribusi dalam membantu calon pegawai negeri sipil yang ingin mengabdi pada negara melalui kementerian luar negeri republik Indonesia. Seperti halnya pada pelaksanaan Bimtek pada tahun 2018 – 2021, acara tersebut sangat berdampak pada persentase kelulusan calon pegawai negeri sipil yang mendaftar di kementerian luar negeri pada beberapa tingkatan, dengan rincian sebagai berikut :

1.82,75% lulus tahap 1 substansi/komputer/Admin

2.70,83% lulus tahap 2 interview

3.56,47% lulus Psikometri

4.41,54% lulus Kemlu

5. 29,05% video call end user (KBRI/KJRI)

Alasan utama diadakanya Bimbingan Teknis 2022 ini tidak lain adalah untuk mempersiapkan dan membekali para mahasiswa Prodi Hubungan Internasional Unisri pada khususnya, dengan berbagai tips dan trik untuk lolos seleksi calon pegawai negeri sipil, terutama bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan karirnya di Kementerian Luar Negeri. (Sofyan)


Baca juga: SMPN 2 Giritontro Gelar Tarling ke Pelosok Daerah


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top