30 Mahasiswa KKN Univet Bantara Terima Penghargaan dan Reward Video Kreatif

Print Friendly and PDF

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum menyerahkan penghargaan dan reward video kreatif KKN.

30 Mahasiswa KKN Univet Bantara Terima Penghargaan dan Reward Video Kreatif

Sukoharjo- majalahlarise.com Sebanyak 30 mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) menerima penghargaan dan reward video kreatif KKN terbaik Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo periode 2 tahun akademik 2021/ 2022. Bertempat di ruang seminar gedung H lantai 3, Selasa (12/4/2022).

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum menyampaikan video kreatif yang dihasilkan oleh mahasiswa KKN sebagai bentuk bagian dari luaran KKN yang dibagikan ke media massa. Hasil karya video KKN tahun ini memiliki kualitas lebih baik dari tahun kemarin. Banyak peningkatan antara lain sudah ada mengeksplorasi kampus pada bagian pembukaan tayangan video menunjukkan jati diri dari kampus.

"Saya berharap video yang dihasilkan bisa dikembangkan. Dari hasil keluaran kegiatan di kampus akan bisa dikonsumsi publik jika diunggah di media massa dan sedapat mungkin hasil keluaran memberi nilai edukasi kepada masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, dari evaluasi video yang dinilai ditemukan kegiatan bagus, kronologis, masih ada yang kurang diberikan keterangan atau penjelasan visualisasi gambar dan running text dengan narasi yang menjelaskan video. Sehingga masyarakat yang melihat kurang bisa cepat menangkap dari pesan yang disampaikan.

Pimpinan Redaksi majalahlarise.com Sofyan Yuli Antonius, S.Sos menyerahkan piagam kepada Univet Bantara Sukoharjo atas dedikasinya dalam pengelolaan rilis media terbaik tahun 2022 di Sukoharjo diterima Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum.

Baca juga: Adzan Magrib Berkumandang, Santri TPQ AZZAHRA Girang

"Saya berharap ditayangan video itu bisa lengkap mengangkat tentang kampus sebanyak-banyaknya dan harus bisa menunjukkan bagaimana proses KKN, ini masih dilupakan oleh mahasiswa KKN. Ada proses pembekalan, pembimbingan secara sekilas juga bisa disampaikan agar masyarakat bisa tahu ternyata Univet itu peduli mahasiswa ketika KKN juga mendampingi dan hadir di dalamnya melalui para dosen DPL," tuturnya.

Disampaikan pula, dalam pembuatan video ada tiga hal yaitu bagaimana mahasiswa bisa melakukan kegiatan di masyarakat, bagaimana mahasiswa KKN melaporkan kegiatan melalui video. Memahami tentang pentingnya ikon, simbol, pesan setiap apa yang tampak harus memberikan makna informasi yang jelas terhadap masyarakat.

"Ke depan saya akan sampaikan kepada panitia agar melibatkan pakar yang sesuai bidangnya untuk melatih mahasiswa tentang kontennya dengan mendatangkan wartawan sedangkan pembuatan video oleh animator atau produser supaya media sosial dipenuhi dengan pesan-pesan edukatif," jelasnya.

Ditambahkan pula, KKN masa pademi ini mahasiswa dikembalikan ke daerah masing-masing sesuai lokasi tempat tinggal. Setelah periode ini kembali KKN model lama atau luring.

Baca juga: Slup-Slupan Ruang Baru Humas dan Kerjasama Univet Bantara serta Silaturahmi Bersama Wartawan

"Ada daerah tertentu mitra kita yang akan ditempatkan mahasiswa. Selain itu kita melaksanakan KKN di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Jawa Tengah," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KKN Univet Bantara, Drs. Ismail, M.Pd dalam laporan mengatakan Pelaksanaan KKN dimulai tanggal 1 Februari sampai 17 Maret 2022 diterjunkan di lokasi KKN di lingkungan tempat tinggal mahasiswa masing-masing yang tersebar di tiga provinsi yaitu Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Terdiri 10 kabupaten/ kota, 80 kecamatan dan 199 desa.

"Pelaksanaan KKN periode 2 ini berjalan lancar, tidak ada kendala," ucapnya.

Salah satu mahasiswa KKN penerima penghargaan video terbaik, Avika Dara Fortuna dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) mengaku senang dan tidak menyangka karya video KKN terpilih sebagai pemenang video kreatif terbaik dan usaha yang dilakukan tidak sia-sia bisa mendapatkan penghargaan tersebut.

"Berterimakasih juga kepada bapak dosen DPL yang telah membimbing terlaksananya KKN ini serta rekan KKN yang ikut membantu pengambilan video saya saat KKN. Akan tetapi saya tidak puas sampai disitu saja, saya akan tetap meningkatkan kreatifitas agar dapat jauh lebih baik," tuturnya.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan penyerahan piagam penghargaan dari media majalahlarise.com oleh pimpinan redaksi, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos dan media kabarjoglo.com pimpinan redaksi, Widyo diterima Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum.

"Kami memberikan Piagam penghargaan kepada Univet Bantara Sukoharjo atas dedikasinya dalam pengelolaan rilis media terbaik tahun 2022 di Sukoharjo. Selama KKN ini kami menerima lebih dari 500 rilis kegiatan dari mahasiswa KKN," ujar Sofyan Yuli Antonius usai acara. (Ian)


Baca juga: HI Unisri Gelar Bimtek Tembus Seleksi CPNS dan Local Staff di Kementerian Luar Negeri


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top