Workshop Optimalisasi MENDELEY (BATCH 1) Berlangsung Seru

Print Friendly and PDF

Instruktur sekaligus member Advisor Mendeley, Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo saat menyampaikan materi optimalisask Mendeley.

Workshop Optimalisasi MENDELEY (BATCH 1) Berlangsung Seru

Sukoharjo- majalahlarise.com -Workshop Optimalisasi Mendeley (Batch 1) sudah dilaksanakan pada tanggal 11 sampai 12 Maret 2022. Kegiatan ini diselenggarakan dan difasilitasi salah satu member Advisor Mendeley yaitu Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo dan sekaligus sebagai instruktur pada acara tersebut. 

Acara ini diikuti sekitar 160 peserta dari berbagai perguruan tinggi dan instansi yang berbeda dari seluruh wilayah di Indonesia. Peserta yang tergabung dalam acara ini berasal dari latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang berbeda-beda. Beberapa peserta ada yang sudah memahami tentang Mendeley baik sebagian maupun yang sudah memahami secara maksimal, ada juga peserta yang sama sekali belum pernah mengenal Aplikasi Mendeley.

Tim penyelenggara memberi banyak kemudahan akses baik materi sampai penginstalan software Mendeley. Peserta sangat antusias dengan pelatihan ini terbukti sampai H-1 masih banyak yang menyusul mendaftarkan diri.

Acara ini diselenggarakan secara daring melalui fitur aplikasi zoom meeting yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dengan materi workshop dengan berbeda. Hari pertama dimulai pada pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Sebelum penyampaian materi dimulai acara dibuka oleh pembawa acara kemudian dilanjutkan permaian kuis pretest yang dipandu oleh tim fasilitator. Acara kuis pretest diikuti oleh seluruh peserta dengan menjawab pertanyaan singkat berupa pilihan ganda secara langsung melalui platform Quizizz.com.

Kemudian dilanjutkan penyampaian materi workshop oleh Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum, dengan materi antara lain: 1) Sukses menginstal Mendeley Dekstop, 2) Sukses meginstal Mendeley Web, 3) Sukses instal Mendeley web importer dan mengatur Mendeley Web berbasis ilmu dan proyek karya ilmiah, serta 4) Sinkronasi Word dengan Mendeley. Setelah penyampaian materi selesai kemudian ditutup kembali dengan postest oleh tim fasilitator dan diikuti seluruh peserta secara langsung.

Tampilan layar workshop optimalisasi Mendeley  melalui zoom meeting.

Hari kedua tidak kalah menariknya, kali ini dimulai dimulai pada pukul 09.30 sampai 13.00 WIB dengan susunan kegiatan hampir sama dengan hari pertama. Acara dibuka oleh pembawa acara dilanjutkan kuis pretest kemudian penyampain materi oleh Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum dan ditutup kembali dengan kuis postest. Materi yang disampaikan pada hari kedua yaitu: 1) Edit metadata untuk memaksimalkan referensi ilmiah, 2) Sitasi dan ubah model sitasi dengan mudah, 3) Pdf reader dan anotasi di Mendeley dan 4) Teknik parafrase di Mendeley. 

Di sela penyampaian materi oleh Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum dilakukan tanya jawab secara interaktif oleh peserta kepada instruktur, hal itu bertujuan memberikan panduan dan menuntun peserta agar lebih mudah memecahkan masalah dan kendala yang dihadapi peserta. 

Antusias dan semangat peserta dapat dilihat saat mereka saling bertanya dan menjawab baik antar peserta dan instruktur dan antar peserta lain. Bonus materi pelatihan juga diberikan oleh Instruktur yaitu pedoman APA seri 7 terbaru, serta mengoptimalkan pencarian referensi dari berbagai web seperti z.lib.org.com serta pdfdrive.com; gen.lib.rus.ec yang disampaikan bersama dengan para peserta. 

"Acara ini diharapkan dapat membantu peserta memahami dan menggunakan Aplikasi Mendeley sebagai pengelola referensi dalam proses menulis karya ilmiah dengan baik," terang Dr. Dewi Kusumaningsih, M.Hum kepada majalahlarise.com.

Pada akhirnya semua peserta mendapatkan sertifikat asli dari Elsevier dengan tanda tangan dari Kristin Blye (Community manager) dan Susan Tyler Jenkis (Community manager) serta Mendeley Advisor Indonesia. (Sofyan)


Baca juga: Paparkan Pengalaman Magang di Puma, Jerman dalam Creative Talkshow Offside Exhibition



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top