Tim Monev KKN Pantau Pelaksanaan Proker Mahasiswa KKN Periode 2 Tahun 2021/ 2022 Secara Daring

Print Friendly and PDF

 

Tampilan layar pelaksanaan Monev KKN Periode 2 tahun 2021/ 2022 secara daring.

Tim Monev KKN Pantau Pelaksanaan Proker Mahasiswa KKN Periode 2 Tahun 2021/ 2022 Secara Daring

Sukoharjo- majalahlarise.com - Tim Monev (monitoring dan evaluasi) KKN  melaksanakan monev  kepada 378 mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Periode 2 tahun akademik 2021/2022 Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo secara daring. Rabu (9/3/2022).

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum saat dikonfirmasi menyampaikan mahasiswa KKN saat ini merupakan mahasiswa dari FKIP yang program utama Rumah Cerdas Univet (RCU). Sehingga mahasiswa KKN dalam melaksanakan program untuk kreatif dengan mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah.

"Dalam kehidupan nyata mahasiswa akan bisa survive dalam menjalankan tugas-tugasnya dengan ilmu yang dipoleh dari bangku kuliah harus bisa memberikan banyak pintar. Softskill akan terasah ketika mahasiswa bertemu kasus-kasus di lapangan yang menjadikannya tambah pintar dan lebih bijaksana di kehidupan yang akan datang. Saat ini mahasiswa masih belajar diberikan bimbingan oleh para dosen," terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya berpesan kepada mahasiswa KKN untuk pandai-pandai membawa diri. Jangan lupa menjaga nama baik kampus, almamater dan menunjukkan hal baik. Sehingga masyarakat semakin percaya terhadap Univet.

"Program KKN yang telah dilakukan mahasiswa di lapangan, saya berharap bisa dipublikasikan di media sosial maupun media massa sehingga bisa tercover hal-hal yang baik tentang Univet. Sehingga nama baik Univet semakin menggaung," harapnya.

Ditambahkannya, program-program KKN yang dalam laporan mahasiswa berjalan baik karena para dosen pembimbing lapangan selalu terbuka menerima keluhan, usulan dari mahasiswa.

"Ada masukkan dari mahasiswa KKN sebaiknya informasi tentang program KKN, sosialisasinya sebelum pendaftaran. Itu masukkan bagus sekali. Sehingga mahasiswa punya konsep yang utuh ketika mendaftar KKN," ungkapnya.

Sementara itu, panitia KKN Univet Bantara, Muh Husyain Rifai, S.Pd, M.Pd saat ditemui usai pelaksanaan Monev menjelaskan KKN ini dilaksanakan dari tanggal 1 Februari sampai 17 Maret 2022 dengan estimasi waktu 45 hari. Selama waktu tersebut mahasiswa KKN melaksanakan program kerja di lingkungan masing-masing. Lokasi mahasiswa KKN tempat domisili berbeda-beda tersebar di pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, NTT.

"Pemberlakuan surat edaran Bupati Walikota tentang pembatasan karena pandemi tiap daerah berbeda-beda maka kita mencari cara agar mereka tetap bisa melaksanakan KKN. Maka dilaksanakan kegiatan KKN secara individu di lingkungan masing-masing. Mempermudah mahasiswa KKN terendah satuannya adalah RT. Tetapi apabila mereka mampu di lingkup RW atau desa menjadikan nilai tambah dan positif karena pelaksanaan individu tidak semudah berkelompok," paparnya.

Disampaikan pula, dalam Monev pertanyaan dari tim pemonev terdiri dari pimpinan, unit KKN dan panitia bisa langsung memberi suatu solusi pemecahan masalah yang dihadapi mahasiswa KKN selama berkegiatan.

"Kita bisa mengetahui kinerja mahasiswa KKN melalui aplikadi survey 123 yang bisa di download di playstore. Mahasiswa melakukan laporan KKN seminggu dua kali melalui aplikasi sebagai bukti kegiatan berupa laporan dokumen kegiatan, presentasi, foto, video semua terekam dengan baik," ujarnya.

Terkait kendala, pihaknya menerangkan kendala yang dihadapi mahasiswa dalam KKN yang dilaksanakan secara individu yaitu kesulitan mencari patner.

"Ketika mereka melaksanakan bimbel peserta lima sampai sepuluh orang untuk mendokumentasikan kegiatan mereka kesulitan. Sehingga mahasiswa berharap ke depannya kalau bisa tidak hanya satu orang. Jika ada mahasiswa KKN di lokasi terdekat bisa membantu," ungkapnya. (Sofyan)


Baca juga: IWAPI Jateng Rayakan Ulang Tahun ke-47 Gelar Berbagai Kegiatan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top