Rumah Cerdas Univet (RCU) Bimbingan Belajar dan Permainan Edukatif KKN di Desa Kadokan

Print Friendly and PDF

Hasna Nur Azizah melaksanakan kegiatan di RCU.

Rumah Cerdas Univet (RCU) Bimbingan Belajar dan Permainan Edukatif KKN di Desa Kadokan 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Hasna Nur Azizah, salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Univet Bantara Sukoharjo melaksanakan KKN Mandiri di Desa Kadokan, Dusun Ngrantan RT 01 RW 01, Kelurahan Kadokan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Mulai tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 17 Maret 2022.

Program kerja yang sudah dijalankan Hasna dalam 15 hari ketiga salah satunya Rumah Cerdas Univet berupa Bimbingan Belajar dan Permainan Edukatif. 

Di masa Pandemi COVID-19  saat ini untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 Pemerintah menetapkan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara Daring. Pembelajaran daring ini menimbulkan banyak problema salah satunya terkait kurangnya materi-materi yang disampaikan sehingga berjalan tidak efektif. Hal ini berdampak pada pemahaman materi bagi para peserta didik. Selain itu, memberikan dampak kepada anak-anak kecanduan permainan gadget yang dirasa kurang edukatif. 

Kegiatan bimbingan belajar dan permainan edukatif ini dilakukan dengan mendatangi salah satu rumah warga yang memiliki anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar. 

Pada hari Senin, 14 Maret 2022 Hasna menjalankan program kerja Rumah Cerdas Univet (RCU) bimbingan belajar berupa pembuatan origami berbagai bentuk salah satunya bentuk hewan kepada anak-anak SD di Desa Kadokan. Anak-anak sangat antusias dengan materi yang disampaikan oleh Hasna. Selain itu dengan adanya kegiatan tersebut melatih kreativitas dan keterampilan anak. 

Pada hari Rabu, 16 Maret 2022 juga menjalankan program Permainan Edukatif berupa permainan-permainan yang mengasah soft skill anak seperti kerjasama tim dan strategi. Selain itu juga dapat mengurangi penggunaan gadget dan melatih daya fokus anak. Anak-anak sangat menikmati terlihat dari ekspresi mereka yang sangat bergembira dan ceria. 

Hal ini mendapat respon yang sangat positif dari anak maupun orang tua. Karena orang tua sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Anak juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat saat proses bimbingan belajar dan permainan edukatif berlangsung. anak terlihat senang dan antusias untuk mengikuti dan menyimak penjelasan materi. 

"Diharapkan dengan adanya Bimbingan Belajar dan Permainan Edukatif yang dilakukan Mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara dapat membatu dalam proses belajar mengajar dan mengurangi kecanduan gadget di masa pandemi saat ini," terang Hasna. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top