PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SD

Print Friendly and PDF

PEMANFAATAN  PLATFORM  MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SD

Oleh: Heri Leksono, S.Pd.SD

Guru SD Negeri Sigedong, Tretep, Temanggung, Jawa Tengah 

Heri Leksono, S.Pd.SD


       Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  https://www.detik.com/tag/ppkm Jawa - Bali kembali diperpanjang oleh pemerintah mulai 15 hingga 21 Maret 2022. Untuk wilayah diluar Jawa dan Bali, penerapan PPKM diperpanjang mulai 15 hingga 28 Maret 2022. Aturan perpanjangan PPKM Jawa – Bali ini telah dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 16 Tahun 2022.

       Pembelajaran secara daring merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19, selain itu pembelajaran daring juga dapat menjadi alternatif dalam mengatasi permasalahan kemandirian peserta didik. Melalui media internet siswa dapat mempelajari materi pengetahuan yang lebih luas. 

      Oleh karena itu, guru harus membekali para siswa dengan pendidikan dan keterampilan yang tidak hanya meliputi keterampilan bertahan hidup tapi juga keterampilan berfikir kritis, kontruktif, inovatif dan berkarakter. Pada saat pembelajaran daring, optimalisasi dalam komunikasi jarak jauh tidak terlepas dengan penggunaan handphone, tablet, atau laptop serta koneksi internet yang dapat di manfaatkan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran. Hal ini menjadi tantangan untuk guru agar tetap dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. 

       Salah satu pembelajaran yang memudahkan bagi guru dan siswa dalam pembelajaran daring adalah dengan pembelajaran yang bisa mudah diakses oleh guru dan siswa sehingga pembelajran bisa berjalan dengan efektif melalui mobile learning.

       Dharmawan (2012:15) menjelaskan perkembangan mobile learning dilatarbelakangi oleh penetrasi perangkat mobile yang sangat cepat. Jumlah perangkat mobile lebih banyak dari pada PC. Perangkat mobile bisa digunakan sebagai media belajar. 

       Mobile learning cenderung diartikan sebagai kondisi dimana siswa dapat belajar tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dalam konteks saat ini mobile learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat mobile dan jaringan mobile. Jadi mobile learning adalah pembelajaran dengan menggunakan perangkat mobile dan jaringan mobile sehingga siswa dapat mengakses materi pembelajaran dimana saja dan kapan saja.

       Salah satu media pembelajaran yang menarik, memiliki sifat interaktif yang mengutamakan kerjasama, komunikasi, dan bisa menimbulkan interaksi antar siswa adalah melalui permainan, yang mempunyai karakteristik untuk menciptakan motivasi dalam belajar, yaitu khayalan (fantasy), tantangan (challenge) dan keingintahuan (curiosity) (Irwan dkk, 2019).

       Untuk mempermudah pembelajaran online (daring) diperlukan media yang relevan, dengan menggunakan media aplikasi Merdeka Mengajar yang bernilai edukasi diharapkan peserta didik dapat belajar dengan inovatif sehingga akan lebih mempermudah dalam melaksanakan pembelajaran. 

Apa itu platform Merdeka Mengajar?

       Platform Merdeka Mngajar dipersembahkan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk meingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat. Beragam paket soal yang bisa dibagikan daring atau luring.

       Aplikasi ini berisi banyak hal terutama yang berkaitan dengan pengembangan diri guru melalui menu Bukti Karya Saya. Menu ini berisi tentang karya inovatif beberapa guru yang bisa mudah di akses oleh guru – guru lain, agar bisa menginspirasi. Selain intu untuk menambahkan karya kita juga sangat mudah dengan menu ini. Tak kalah menariknya juga ada aplikasi untuk belajar daring murid melalui menu Asesmen Murid, di sini guru bisa memilih fase A sampai F untuk murid kelas 1 sampa 12 disesuaikan dengan kelasnya masing – masing. Setelah memilih Fase, pilih Mata Pelajaran, ada dua materi yaitu Literasi dan Numerasi. Setelah materi di pilih maka guru bisa menentukan, apakah soal akan dibagikan melaluai online berupa tautan yang bisa dibagikan ke semua social media (wa, facebook, instagram dll.) selain itu soal juga bisa diunduh secara offline.

Cara pemanfaatan platform Merdeka Mengajar untuk siswa :

1. Tautkan akun Sim PKB_ID dengan akun Belajar.id, Lihat cara menautkan, https://youtu.be/MfWcb8nfTCE

2. Download platform Merdeka Mengajar di website guru.kemdikbud.go.id atau Playstore

3. Buka aplikasi, dan masuk dengan akun Belajar.id

4. Lengkapi data – data di bagian pengaturan

5. Masuk menu kelas, tambahkan identitas siswa

6. Pilih asesmen yang ingin digunakan ( Literasi atau Numerasi )

7. Pilih fase A sampai F untuk kelas 1 sampai 12

8. Download soal offline atau bagikan tautan melalui social media.







Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top