Mahasiswa KKN Univet Mensosialiasikan Mencuci Tangan Yang Benar Kepada Anak-anak

Print Friendly and PDF

Elzha Anninda Dianti saat mengajari anak-anak mencuci tangan yang benar.

Mahasiswa KKN Univet Mensosialiasikan Mencuci Tangan Yang Benar Kepada Anak-anak

Wonogiri- majalahlarise.com -Elzha Anninda Dianti, mahasiswa KKN Mandiri Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo program studi Pendidikan Bahasa Inggris melakukan program penunjang KKN bidang kesehatan dalam “Supporting & Pemahaman mengenai Covid-19” di Desa Gerdu RT 01 RW 05, Giripurwo, Wonogiri.

Program Kerja “Sosialisasi Mencuci Tangan” ini dilaksanakan pada Minggu ke-6 yakni pada hari Senin, 7 Maret 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 1 hari. 

Kegiatan “Sosialisasi Mencuci Tangan” adalah salah satu kegiatan penunjang dalam bidang kesehatan, ini dilakukan untuk memberi pemahaman lebih dalam kepada anak-anak agar anak-anak tidak mencuci tangan dengan asal-asalan. 

Kegiatan ini bertujuan memberitahu sekaligus mengajarkan kepada anak-anak tata cara mencuci tangan yang benar sesuai dengan anjuran protokol kesehatan dari Pemerintah.

"Kita harus memberi pemahaman kepada anak-anak mengenai cuci tangan itu memang harus terus diterapkan, ditingkatkan awareness-nya, dilakukan, diajarkan, kepada anak-anaknya dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan anjuran dari pemerintah sebagaimana mestinya" jelas Elzha Anninda.

Dengan mengajarkan anak cuci tangan dengan baik dan benar, maka anak-anak akan terbiasa untuk menjaga kebersihan saat berada di lingkungan sekitar ataupun di sekolah. Mengingat pentingnya akan mencuci tangan juga merupakan faktor utama dalam kesehatan.

Lalu, bagaimana sih cara cuci tangan yang benar? harus selalu mengajarkan anak untuk selalu cuci tangan pakai sabun. Karena, cuci tangan dengan sabun menggunakan air mengalir itu efektif mencegah penularan beragam penyakit infeksi, membasmi virus dan bakteri, bukan cuma Covid-19 saja. Tak hanya mengajarkan anak-anak dalam mencuci tangan, namun juga diberi pemahaman akan penting membilas tangan menggunakan air yang mengalir, agar virus yang sudah hancur tersebut luruh dan tidak menempel lagi di tangan. 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu membuat anak-anak sadar dan paham akan pentingnya mencuci tangan demi kebaikan kesehatan anak-anak agar terhindar dari berbagai penyakit menular yang berbahaya, sekaligus untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus terutama pada masa pandemi ini. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top