Mahasiswa KKN Univet Membantu UMKM Kue Pancong

Print Friendly and PDF

Fira Rizky Listyaningrum saat membantu membuat kue pocong.

Mahasiswa KKN Univet Membantu UMKM Kue Pancong

Wonogiri- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN Mandiri Periode 2, Fira Rizky Listyaningrum Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Salah satu program kerja KKN yang dilakukan pada 15 hari kedua ini yaitu membantu penjualan kue pancong milik Ibu Anita. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 25 Februari 2022 di rumah Ibu Anita Lingkungan Gerdu RT 04 RW 05 Kel. Giripurwo Kabupaten Wonogiri. 

UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. Mahasiswa KKN juga bisa membuat dan menjual produk yang dibuat oleh salah satu pelaku UMKM di daerah Gerdu RT 04 yaitu membantu membuat Kue Pancong.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan yaitu tepung beras, kelapa muda parut, santan, garam, dan gula untuk taburan.  Dengan cara memanaskan loyang terlebih dahulu, kemudian campur kelapa, tepung beras, dan garam di dalam wadah, aduk rata, tambahkan santan secara perlahan sambil mengaduk dengan sendok sampai semua santan masuk tercampur rata. Setelah cetakan panas, masukkan adonan sampai penuh , tutup sampai matang, angkat dan taruh di nampan kemudian masukkan kue pancong dan gula di mika styrofoam kecil.

Di masa pandemi Covid-19, penjualan milik Ibu Anita mengalami peningkatan karena banyak pembeli. Berkat kerja keras dan keuletannya, bisa berhasil meningkatkan income bagi keluarganya dan tentu saja menjadi contoh di masyarakat Gerdu. Promosi dari penjualan melalui media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsapp sehingga produk dari UMKM tersebut bisa dikenal tidak hanya di lingkungan itu saja tapi secara luas. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top