Mahasiswa KKN Univet Membantu Kegiatan Posyandu Balita

Print Friendly and PDF

Nursiah Yullianti membantu kegiatan posyandu.


Mahasiswa KKN Univet Membantu Kegiatan Posyandu Balita

Sukoharjo- majalahlarise.com – Nursiah Yullianti, salah satu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang sedang melaksanakan kegiatan KKN periode ke-2 yang terletak didesa Banmati RT 03 RW 01, Kelurahan Banmati, Kecamatan Sukoharjo. KKN ini dimulai sejak tanggal 01 Februari 2022 hingga 17 Maret 2022.

Dalam rangka kegiatan KKN ini, Nursiah selaku Mahasiswa KKN melaksanakan program kegiatan Membantu Kegiatan Posyandu Balita yang dilaksanakan pada Sabtu, 19 Februari 2022. Kegiatan posyandu merupakan salah satu kegiatan yang rutin yang dilaksanakan setiap 1 bulan sekali. 

Kegiatan posyandu ini dimulai dari 08.30 – 12.00 WIB. Kegiatan posyandu  diberikan kepada balita yang mencakup dibeberapa RT masyarakat sekitar yang dilaksanakan secara bergantian. Dalam pelaksanaan psoyandu ini dibantu oleh Ibu – ibu petugas posyandu, Ibu bidan, Mahasiswa KKN Univet, Mahasiswa perawat UMS.

"Saya sebagai salah satu mahasiswa KKN Univet bertugas sebagai mengukur berat badan dan tinggi badan balita," ungkap Nursiah.

Secara keseluruhan mengenai kegiatan posyandu yang dilaksanakan salah satu rumah warga didesa Banmati RT 03 RW 01. Kegiatan ini telah berjalan dengan baik dengan mematuhi protokol Kesehatan seperti penggunaan masker, jaga jarak dan menyeprotkan handsanitizer . Selanjutnya, oaring tua balita  diarahkan untuk menyerahkan buku imunisasi kepada petugas kemudian balita akan diukur berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala, lalu diberikan obat imunisasi dari ibu bidan dan diberikan snack kepada balita yang telah diimunisasi. Sekitar kurang lebih 50 balita yang mengikuti imunisasi. 

Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembanagan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini dilakukan diberbagai layanan Kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu didesa sekitar. 

"Dengan diadanya posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Kesehatan balita yang ada didesa Banmati," terang Nursiah. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top