Mahasiswa KKN Univet Bersama PMI Wonogiri Sosialisasi Integritas Bencana dan Penanganan Pertama

Print Friendly and PDF

 

Sosialisasi Integritas Bencana dan Penanganan Pertama dari PMI Wonogiri.

Mahasiswa KKN Univet Bersama PMI Wonogiri Sosialisasi Integritas Bencana dan Penanganan Pertama

Wonogiri- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara, Yolanda Pitaloka melaksanakan program utama dengan goals mengundang PMI Wonogiri untuk mengisi dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat desa Mojoreno Wonogiri dengan mengadakan Sosialisasi Integritas Bencana dan Penanganan Pertama. Program utama ini menjadi penutup program kerja KKN Univerisitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desanya sendiri.

Kegiatan sosialisasi dengan kerja sama dengan PMI Wonogiri ini disambut antusias oleh warga desa Mojoreno. Jarang sekali warga desa mendapatakan penyuluhan tentang bencana dan pertolongan pertama pada saat diri kita sendiri atau orang lain mengalami musibah, maka kita bisa melakukan pertolongan. PMI Wonogiri menghadirkan Bapak Warjo dan Mas Haris Apandi yang mengisi materi pada saat 14 Maret 2021 pukul 10.30. 

Peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini adalah bapak RT/ RW yang ada di wilayah Mojoreno, anak muda desa dan peserta didik SMP Negeri 2 Mojoreno. Mereka sangat antusias dengan pemberian materi dari Bapak Warjo yang awalnya dipacu dengan pemberian kertas kepada peserta sosialisasi untuk membelah kertas itu menjadi beberapa bagian dan bisa dimasukkan ke dalam tubuh tanpa terputus. Materi integritas bencana yang diberikan sangat bermanfaat bagi peserta sosialisasi. Penanggulangan pada saat bencana sudah mereka kantongi dengan penerangan yang sudah disampaikan oleh Bapak Warjo.

Selanjutnya materi yang disampaikan oleh Mas Haris Apandi mengenai PP atau Penangan Pertama. Dijelaskan dengan praktik menggunkan sebuah boneka, hal apa yang harus dilakukan peserta sosialisasi ketika melihat orang kecelakaan, cidera dan lain-lainnya yang bisa ditolong dengan segera tanpa perantara dokter atau tenaga medis. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top