Mahasiswa KKN Univet Bersama Masyarakat Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Print Friendly and PDF


Mahasiswa KKN Univet Bersama Masyarakat Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Klaten- majalahlarise.com -Yanuri adira Permana yaitu salah satu mahasiswa dari Progam studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Veteran Bangun Nusantara sukoharjo, yang sedang melaksanakan kegiatan KKN periode ke-2 yang terletak di desa jetis, Gondangsari, Juwiring Klaten. KKN ini dimulai dari tanggal 1 Februari 2022 hingga 17 Maret 2022.

Dalam rangka kegiatan KKN ini, Yanuri selaku mahasiswa KKN melaksanakan progam kegiatan pada minggu keenam yaitu tentang bersama masyarakat menjaga kesehatan di masa pandemi. Dilaksanakan mulai Kamis, 3 maret 2022 sampai Jumat 11 maret 2022.

Kegiatan pertama yang dilakukan pada Kamis, 3 maret 2022 yaitu membagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat sekitar, dan mengingatkan betapa pentingnya untuk memakai saat sedang berada di luar rumah atau di tempat umum di masa pandemi covid-19 ini. Dan tidak lupa untuk mencuci tangan menggunakan handsanitizer setelah berpergian atau berada di tempat umum, agar tangan selalu bersih dan aman dari kotoran maupun kuman.

Kegiatan kedua yang dilakukan Jumat, 4 Maret 2022  yaitu penempelan pamflet tentang gejala dan cara pencegahan covid-19, dan menempelkan langkah – langkah tentang cara cuci tangan dengan benar. Ditempelkan di tempat umum seperti pasar, di masjid abu bakar ash-shidik dan dirumah warga. Agar masyarakat sekitar bisa menerapkan hidup sehat dan selalu mematuhi protokol kesehatan supaya aman untuk keluarga dan masyarakat sekitar.

Kegiatan ketiga yang dilakukan pada  Mknggu, 6 Maret 2022 yaitu meningkat imun tubuh dengan berolahraga futsal bersama muda mudi karang taruna. Kegiatan olahraga futsal rutin dilakukan pada hari minggu sore. Di masa pandemi tentu kita harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit, untuk menjaga dan meningkatkan imu tubuh salah satunya dengan berolahaga.  

Kegiatan keempat yang dilakukan pada Kamis, 10 Maret 2022 yaitu menyediakan tempat cuci tangan di pasar yang berada di desa jetis, dengan menggunakan wadah galon bekas yang ditempatkan di depan pintu pasar, Supaya warga yang hendak masuk ke pasar bisa mencuci tangannya terlebih dahulu, sebaliknya ketika nanti hendak keluar pasar untuk mencuci tangannya sebelum pulang.

Kegiatan kelima yang dilakukan pada Jumat, 11 maret 2022 yaitu memberikan edukasi atau sosialiasi kepada anak – anak SD tentang 6 langkah mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar. Supaya tangan benar – benar bersih dan tidak ada kuman yang masi menempel di tangan.  (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top