Mahasiswa KKN Univet Bantara Mengadakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Alami

Print Friendly and PDF



Mahasiswa KKN Univet Bantara Mengadakan Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Alami

Klaten- majalahlarise.com -Linda Febriyanti Putri Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata melaksanakan Program Kerja Penunjang dengan mengadakan pelatihan pembuatan handsanitizer alami kepada remaja masyarakat Dusun Buluran RT.02/RW.05, Desa Demangan, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten. Kamis (10/3/2022).

Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan perilaku masyarakat dalam menjaga kesehatan untuk mencegah penularan penyakit. Salah satunya dengan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. Masalah yang timbul adalah harga pembersih tangan tersebut yang bagi sebagian masyarakat tidak terjangkau. Oleh karena itu Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengadakan pelatihan pembuatan hand sanitizer sederhana dari bahan alami yang mudah didapatkan yaitu dengan memanfaatkan daun sirih dan jeruk nipis sebagai bahan pokok. 

Menurut Linda, jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk pembuatan hand sanitizer karena memiliki komponen kimia seperti flavonoid, alkaloid, tanin, minyak atsiri, dan saponin yang mempunyai aktivitas antimikroba.

“Jeruk nipis mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus secara in vitro,” katanya.

Sedangkan daun sirih sudah digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional sebagai antiseptik alami karena kandungan anti bakteri dan anti jamur. Daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri yang merupakan sebuah senyawa yang berfungsi sebagai anti bakteri. Kandungan sepertiga dari minyak atsiri pada daun sirih merupakan fenol dan sebagian besar adalah kavikol, hal inilah yang menyebabkan atsiri lima kali lipat lebih efektif antiseptiknya dibandingkan dengan fenol biasa dan kaviol sehingga menimbulkan bau khas dari daun sirih.

Cara pembuatan hand sanitizer ini cukup sederhana. Bahan yang digunakan 50 gram daun sirih, 2 buah jeruk nipis dan 200 ml air bersih. Alat yang diperlukan yaitu panci untuk merebus, wadah, saringan, gunting, label produk dan botol spray. Caranya cuci daun sirih hingga bersih lalu potong menjadi bagian kecil-kecil. Siapkan panci berisi air. Letakkan di atas kompor. Nyalakan api kecil. Masukkan wadah berisi sirih dan air hangat ke dalam panci berisi air tersebut. Panaskan pada suhu 90°C selama 15 - 30 menit. Dinginkan rebusan daun sirih kemudian di saring. Potong jeruk nipis dan peras air sarinya. Ambil 8 ml sari air jeruk nipis tersebut dan campurkan dalam air rebusan daun sirih yang telah disaring. Aduk hingga tercampur lalu masukkan dalam botol spray. Dan tempelkan label. Hand sanitizer alami siap digunakan. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top