Mahasiswa KKN Univet Bantara Kenalkan Dasar-Dasar Komputer Pada Anak Usia Sekolah

Print Friendly and PDF

Anak-anak sedang belajar software dasar komputer.

Mahasiswa KKN Univet Bantara Kenalkan Dasar-Dasar Komputer Pada Anak Usia Sekolah

Sukoharjo- majalahlarise.com -Seiring perkembangan zaman Revolusi Industri 4.0 banyak negara mengalami kemajuan dalam meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan pada masa sekarang ini bahkan menjadi kebutuhan primer oleh banyak kalangan. Salah satunya pada bidang pendidikan.

Pada masa pandemi seperti sekarang sekolah daring menjadi salah satu alternatif untuk memotong rantai penyebaran Covid-19. Maka dari itu Proker dari KKN Mandiri Periode-II Univet mengadakan pengenalan dasar komputer pada anak usia sekolah oleh Anas Pratiwi dibawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Agus Efendy S.Sn, M.Sn berhasil menyeleggarakan kegiatan. Sabtu, 12 Maret 2022.

Pembukaan pelatihan dasar komputer pada anak usia sekolah bertempat di salah satu rumah warga di Desa Sidorejo, Bendosari, Sukoharjo. Kegiatan ini berlangsung sekitar 2 jam yaitu antara pukul 14.00-16.00 WIB dengan dihadiri oleh anak-anak desa Sidorejo yang duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) kelas 2 sampai kelas 5.

Adapun pelatihan yang dilakukan selama kegiatan berlangsung dengan mempelajari pengenalan dasar komputer pada anak yaitu menyalakan komputer, penggunaan software aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel, melakukan komunikasi virtual dan lain-lain.

Tujuan yang dicapai dari pengenalan dasar komputer pada anak di Desa Sidorejo adalah Mengenalkan kepada anak di Desa Sidorejo pentingnya penggunaan teknologi informasi dimasa sekarang.

Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan anak di Desa Sidorejo dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari.

Mengajarkan bagaimana menggunakan Aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel  yang dapat digunakan untuk belajar mengetik dan lainnya.

Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam suatu proses dan kegiatan agar dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan efisien seperti melakukan panggilan video bersama. Contohnya menggunakan zoom meeting.

"Setelah pelatihan diharapkan anak-anak di Desa Sidorejo dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar mempermudan dalam melaksanakan pembelajaran dimasa pandemi ini," terang Anas Pratiwi kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top