Mahasiswa KKN Univet Bantara Beri Edukasi Cara Cuci Tangan Secara Benar

Print Friendly and PDF

Charin Setya Handayani saat mengajarkan cuci tangan yang benar kepada anak-anak.

Mahasiswa KKN Univet Bantara Beri Edukasi Cara Cuci Tangan Secara Benar

Wonogiri- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN, Charin Setya Handayani melaksanakan salah satu kegiatan KKN yaitu memberikan arah cara mencuci tangan dengan benar kepada anak-anak di desa Tegalrejo, Kec. Purwantoro, Wonogiri. Selasa, 2 Maret 2022 pukul 16:00 WIB.

Mencuci tangan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Banyak sekali tagline mengenai cuci tangan. Bahkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa mencuci tangan dapat menyelamatkan nyawa. 

Cuci tangan merupakan salah satu langkah penting untuk mencegah penularan virus penyakit yang rawan menular pada saat ini, salah satunya kuman. Kuman merupakan penyebab penyakit dapat menyerang kita kapanpun dan dimanapun. Kuman dapat muncul dimana saja, entah saat kita bekerja, saat bepergian, atau bahkan di rumah. Kuman dapat menempel di permukaan barang-barang yang kita gunakan, atau bahkan dapat menempel pada bagian tubuh, termasuk tangan kita. Tangan merupakan anggota tubuh yang sering sekali kita gunakan untuk menyentuh benda-benda lain. Sehingga tidak jarang kuman-kuman penyebab penyakit menempel di tangan dan menyebabkan penyakit. Sebut saja diare, demam tifoid (tipes), hepatitis, COVID-19, dan masih banyak jenis infeksi lainnya.

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah cara yang dapat menghilangkan kuman penyebab penyakit di tangan. Hal ini sangat membantu mencegah infeksi karena:

Orang sering sekali menyentuh mata, hidung, dan mulut mereka tanpa menyadarinya khususnya anak-anak saat sedang bermain, hal ini bisa menyebabkan kuman masuk ke tubuh melalui mata, hidung dan mulut kemudian menjadi  sakit.

Kuman dari tangan yang kotor bisa masuk ke makanan dan minuman saat kita sedang menyiapkan atau mengkonsumsinya. Bahkan kuman bisa berkembang biak pada beberapa jenis makanan atau minuman, dalam kondisi tertentu, dan membuat orang menjadi sakit.

Kuman dari tangan yang kotor dapat berpindah ke benda lain, seperti railing tangga, meja, atau mainan, dan kemudian berpindah ke tangan orang lain apalagi anak-anak yang sedang tidak dalam pengawasan orang tua, mereka lebih mudah terkena kuman-kuman yang ada disekitar mereka.

Berikut merupakan tata cara mencuci tangan dengan benar : 

Jika memungkinkan, sebaiknya lepaskan cincin, jam tangan, atau aksesoris lainnya yang menempel pada tangan agar tangan benar-benar tercuci bersih.

Basahi tangan Anda dengan air bersih yang mengalir

Tuangkan sabun dan gosok seluruh permukaan tangan dengan baik minimal selama 20 detik atau dapat dilakukan lebih lama untuk memastikan seluruh bagian tangan sudah tergosok.

Gosok kedua permukaan tangan dan pergelangan tangan Anda.

Jangan lupa gosok bagian punggung tangan, pergelangan tangan, di antara jari-jari dan di bawah kuku Anda.

Bilas tangan dengan air mengalir dan pastikan semua sisa sabun telah hilang.

Keringkan tangan Anda menggunakan handuk bersih, tisu atau keringkan dengan mesin pengering. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top