Mahasiswa KKN Univet Bantara Bagikan Bibit Tanaman Sengon Kepada Warga Desa Kalikobok

Print Friendly and PDF

Wahid Sri Rahmanto membagikan bibit tanaman sengon ke salah satu warga.

Mahasiswa KKN Univet Bantara Bagikan Bibit Tanaman Sengon Kepada Warga Desa Kalikobok

Sragen- majalahlarise.com -Wahid Sri Rahmanto Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata melaksanakan Program Kerja Penunjang dengan membagikan Bibit Tanaman Sengon Laut kepada warga masyarakat Dukuh Genengsari RT 09, Kalikobok, Tanon, Sragen. Kamis (10/3/2022).

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di dukuh Genengsari, desa Kalikobok, sebagian besar warga masyarakatnya memiliki banyak lahan kosong yang siap untuk ditanami tanaman, baik di depan rumah maupun halaman rumah dan di belakang rumah. Serta banyak juga dari masyarakat yang memiliki pekerjaan sebagai pengrajin kayu/meubel, pemotong kayu jati, dan pembeli/pemborong kayu. Dari informasi yang didapat oleh salah satu warga masyarakat setempat, warga dukuh Genengsari memang banyak yang suka menanam tanaman, baik berupa bunga, buah-buahan, hingga tanaman kayu yang dapat diperjual-belikan.

Kegiatan membagikan bibit tanaman sengon laut ini diberikan kepada masyarakat sekitar dengan cara “door to door” atau pintu ke pintu dan juga kepada masyarakat yang melihat kegiatan ini. Untuk sasaran pembagian tanaman sengon laut ini adalah semua masyarakat dukuh Genengsari, desa Kalikobok. Mahasiswa membagikan bibit tanaman sengon laut ini sekitar 60 bibit kepada semua warga dukuh Genengsari.

“Dengan kegiatan membagikan bibit tanaman sengon ini, diharapkan masyarakat dapat merawat dan memelihara tanaman ini hingga besar. Karena perawatan tanaman sengon ini sangat mudah, dan pertumbuhannya sangat cepat sebagai tanaman kayu, yaitu 4-5 tahun sudah siap untuk diperjual-belikan. Tujuan lainnya adalah selain nantinya diperjual-belikan, pembagian bibit tanaman sengon ini yaitu untuk penghijauan dan pemanfaatan lahan kosong yang siap tanam. Dan respon masyarakat saat kegiatan ini berlangsung sangat menyambut dan antusias menerima pembagian bibit sengon ini, banyak juga dari masyarakat yang langsung mengetahui tanaman yang akan dibagikan ini sebelum dijelaskan mengenai jenis dari tanaman yang akan dibagikan. Itu artinya banyak masyarakat yang sudah paham dan mengetahui manfaat dari tanaman sengon ini kedepannya,” tutur Wahid Sri Rahmanto, mahasiswa yang melaksanakan kegiatan tersebut. (Sofyan)

  


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top