Mahasiswa KKN Univet Bantara Ajak Anak Berkreativitas Membuat Gelang dan Trauma Healing

Print Friendly and PDF

Gelang karya anak-anak.

Mahasiswa KKN Univet Bantara Ajak Anak Berkreativitas Membuat Gelang dan Trauma Healing

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Rudita Indah Nugrahani melakukan KKN Mandiri di lingkungan tempat tinggalnya di Dukuh Gunungsudo Rt 02/07 Bulu Sukoharjo memfokuskan pada program kerja kreatifitas anak, sebagai media Trauma healing. Trauma healing ini sejalan dengan RCU dimana diharapkan mampu untuk membantu mengurangi bahkan mengatasi trauma pasca pandemi COVID-19 pada anak. 

Program kerja kreatif anak yang dilaksanakan pada Selasa, 15 Maret 2022 di kediaman Rudita ini berupa pembuatan gelang dari manik manik. Anak akan diberikan kebebasan membuat gelang dengan memadukan berbagai manik manik dengan warna dan bentuk yang berbeda sesuai keinginan dan kreativitas mereka. 

Selain untuk trauma healing dan mendorong anak lebih kreatif, tujuan utama program kerja ini yaitu untuk menumbuhkan rasa usaha dan rasa menghargai suatu benda pada anak. Seperti yang kita tahu, anak cenderung kurang menghargai barang miliknya, karna kurangnya pemahaman mengenai susahnya barang tersebut dibuat atau juga susahnya mencari uang untuk membelinya. Sehingga terkadang anak bersikap seenaknya.

Alasannya memilih membuat gelang dari manik manik sebagai media trauma healing. "Jujur, ini random think aja. karena belum lama ini saya beli gelang lucu terus mereka nanya beli dimana, bagus, pengen juga jadi saya pikir bagaimana kalo mereka buat juga gelang seperti milik saya tapi dengan usaha dan kreatifitas mereka sendiri, jadikan tau yang mereka suka kaya gimana. Jadi lebih spesial," terang Rudita. 

Selain program kerja kreatif anak masih ada beberapa program kerja penunjang lain yang berhasil dilaksanakan diantaranya adalah senam sehat dan juga pembagian handsanitizer pada hari Minggu, 13 Maret 2022.

Publikasi ke-3 ini menandai kegiatan KKN Mandiri Periode II TA 2021/2022 Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo sudah memasuki 15 hari terakhir. Terhitung sejak tanggal 17 Maret 2022 kegiatan KKN Mandiri resmi berakhir. Selain publikasi ke-3 Mahasiswa KKN Mandiri Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo juga diwajibkan untuk membuat video kreatif seputar kegiatan KKN mereka selama 45 hari. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top