Mahasiswa KKN Univet Ajarkan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat

Print Friendly and PDF

Nur Dwi Lestari saat mengajarkan cuci tangan yang benar.

Mahasiswa KKN Univet Ajarkan Pembiasaan Hidup Bersih dan Sehat

Wonogiri- majalahlarise.com -Kebiasaan hidup dan sehat harus dibiasakan sejak dini, hal dasar dalam kebiasaan ini adalah dengan rajin cuci tangan setelah ativitas. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan hal penting yang harus dilakukan terutama saat masa pandemi seperti ini. Banyak aktivitas di luar dan banyak melakukan berbagai hal bukan tidak mungkin ada bakteri dan kuman yang menempel terutama di tangan. 

Program pembiasan hidup bersih dan sehat merupakan salah satu program penunjang dalam kegiatan dari Mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara, Nur Dwi Lestari yang berlokasi di desa Kedungsono, Mojoreno, Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah Rt.02 Rw.05.

KKN ini dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2022 sampai dengan tanggal 12 Maret 2022. Pembiasaan hidup bersih dan sehat ini ditujukan pada anak-anak agar menjadi terbiasa untuk melakukan kebiasaan baik ini.

Cuci tangan menggunakan sabun merupakan hal dasar dalam pembiasana hidup bersih dan sehat ini. Membiasakan anak-anak untuk cuci tangan menggunakan sabun merupakan salah satu hal dasar yang penting. Karena anak-anak terutama yang masih dalam masa-mas pertumbuhan memiliki rasa ingin tahu yang begitu tinggi. Kebanyakan dari mereka melakukan aktivitas di luar ruangan seperti bermain.

Karena sering beraktifitas di luar ruangan makan tagan-tangan kecil mereka pasti bersentuhan dengan partikel-partikel kecil seperti kuman dan debu. Banyak dari mereka yang setelah melakukan aktifitas di luar ruangan langsung makan karena hal tersebut menguras tenaga. Bila tidak cuci tangan terlebih dahulu, bukan tidak mungkin kuman dan debu yang mereka bawa akan menempel dimakanan dari perantara tangan mereka.

Maka dari itu cuci tangan menggunakan sabun merupan hal dasar yang penting untuk dibiasakan pada anak-anak. Kegiatan ini bermanfaat untuk membiasan hidup sehat sejak usia dini, karena jika sedari kecil sudah dibiasakan untuk hidup sehat dan bersih bukan tidak mungkin mereka akan tumbuh dengan baik dan sehat. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top