Mahasiswa KKN Univet Adakan Sekolah Alam dengan Menanam Biji Sayur Sayuran

Print Friendly and PDF

Ashari Nasrulloh bersama anak-anak menanam sayuran.


Mahasiswa KKN Univet Adakan Sekolah Alam dengan Menanam Biji Sayur Sayuran 

Wonogiri- majalahlarise.com -Ashari Nasrulloh mahasiswi KKN Univet Bantara Sukoharjo program studi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan kegiatan sekolah alam yaitu menanamkan biji sayur sayuran seperti terong, timun, kacang panjang dan sebaginya dilaksanakan di desa Karegan RT 01 / RW 02 Nglaroh Pule Selogiri Wonogiri.

Kegiatan ini diikuti oleh 6 anak anak SD. Dengan kegiatan sekolah alam ini mengajarkan kepada anak untuk mengenali dan mencintai lingkungan sekitarnya bagaimana cara merawat tumbuhan yang ada di lingkungannya.

Kegiatan tersebut mengenalkan kepada anak bagaimana pemilihan tanah dan pupuk yang baik untuk tanaman,serta bagaimana cara menanam biji-bijian agar tumbuh dengan subur.

Bercocok tanam adalah kegiatan yang menyenangkan jadi mereka tidak hanya belajar materi saja mengenai ilmu pengetahuan alam akan tetapi juga mempraktekkan apa saja yang telah mereka pelajari di dalam materi yang telah diajarkan.

"Disini mahasiswi KKN memandu anak anak bagaimana cara menanam biji tanaman sayuran yaitu membagikan polybag kepada anak anak kemudian setiap anak mendapatkan masing masing 4 polybag karena setiap anak akan menanam 4 jenis macam sayuran.Setelah itu sebelum anak menanam terlebih dahulu mencari tanah dan mencampurkan nya dengan pupuk organik yaitu dari kotoran kambing kemudian barulah anak memasukkan tanah yang telah dicampurkan pupuk tersebut ke dalam plastik polybag dan memasukkan biji biji sayuran.Langkah yang terakhir yaitu dengan memberikan sedikit air ke dalam tanaman yang sudah ditanam tersebut agar dapat menjaga suhu tanaman dan membantu proses respirasi agar tanah tidak kekurangan mineral yang akan memperlambat pertumbuhan tanaman," papar Ashari.

Lebih lanjut dikatakan, dalam kegiatan ini anak anak sangat antusias dan berpartisipatif mengikuti kegiatan sekolah alam dengan harapan agar anak mampu dan mau mengenali dan mencintai lingkungan sekitarnya serta bagaimana cara menanam dan merawat tumbuhan yang ada di lingkungannya sekitar. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top