Ajarkan Anak-Anak Cara Cuci Tangan dengan Benar dan Bantu Pengembangan UMKM di Desa Gerdu

Print Friendly and PDF

Salsabil Putri saat mengajarkan cara mencuci tangan yang benar kepada anak-anak.

Ajarkan Anak-Anak Cara Cuci Tangan dengan Benar dan Bantu Pengembangan UMKM di Desa Gerdu

Wonogiri- majalahlarise.com -KKN (Kuliah Kerja Nyata) biasanya identik dilakukan di desa-desa terpencil dan jauh dari kota, namun dikarenakan masih dalam masa pandemi, beberapa universitas mengharuskan program kegiatan KKN dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing mahasiswa atau disebut dengan KKN mandiri.

Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (UNIVET), Salsabil Putri, telah melaksanakan kegiatan KKN mandiri ini selama masa periode 45 hari di desa Gerdu, Giripurwo, Wonogiri, Jawa Tengah, yang tidak lain merupakan lingkungan tempat tinggal mahasiswa tersebut.

Selama kegiatan KKN di lingkungan sendiri, sedikit banyak mahasiswa habiskan untuk bersosialisasi dengan warga, baik orang dewasa maupun anak-anak. Mahasiswa mengajak anak-anak untuk mengikuti bimbingan belajar di RCU (Rumah Cerdas Univet) yang telah disediakan serta mengajak mereka untuk bermain bersama. 

Anak-anak juga diajarkan cara mencuci tangan dengan sabun yang benar dan menghimbau warga agar selalu membersihkan tangan dengan sabun sehabis bepergian dari luar rumah maupun sebelum makan, karena menjaga kebersihan tubuh terutama tangan sangatlah penting, di tambah sekarang adanya virus Covid-19 yang dapat menular melalui kontak fisik dengan orang yang terpapar. Di samping itu, mahasiswa juga membagikan handsanitizer untuk warga sekitar. 

Pandemi Covid-19 juga sempat membuat beberapa UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) warga tersendat. Oleh karena itu, mahasiswa membantu untuk mempromosikan melalui media sosial beberapa produk UMKM yang ada di desa Gerdu yaitu seperti peyek, rambak, ternak hewan dan bouquet, yang dimana sekarang sudah mulai mengalami kenaikan jumlah pembeli. 

"Seorang mahasiswa terkadang dituntut untuk selalu dapat berpikir cerdas, kreatif dan berperan aktif membantu orang-orang disekitarnya. Mahasiswa juga berharap agar kontribusi yang diberikan dapat memberikan manfaat yang dibutuhkan," terang Salsabil. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top