Sosialisasi Program Cuci Tangan Pada Anak-Anak Di Masa Pandemi Covid-19

Print Friendly and PDF

Indri Octavia saat membimbing anak Paud mencuci tangan.

Sosialisasi Program Cuci Tangan Pada Anak-Anak Di Masa Pandemi Covid-19

Wonogiri- majalahlarise.com -Lingkungan merupakan suatu tempat terjadinya interaksi antar manusia. Dimanapun kita berada kita tidak dapat berpisah dari suatu ingkungan. Seperti yang kita ketahui, di Indonesia saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19.  Covid-19 merupakan salah satu jenis virus yang baru ditemukan dan penyebaranya begitu cepat. Penyebaran virus ini terjadi melalui banyak perantara seperti udara dan tangan.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN Univet Bantara, Indri Octavia melakukan kegiatan sosialisasi cuci tangan dengan sasaran anak TK dan SD. Kegiatan ini bertujuan supaya anak-anak berprilaku hidup bersih dan shat terutama di musim pandemi saat ini, untuk itu perlu pencegahan yang ekstra mulai dari hal kecil seperti cuci tangan.

Sosialisasi cuci tangan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 09 Februari 2022 pukul 09.00-10.00 bertempat di gedung Paud Pintar, Pancuran Selogiri. Kegiatan ini mengajarkan bagaimana cara anak-anak mencuci tangan dengan menggunakan metode 6 langkah di singkat tepungselacipuput (tepuk, punggung, sela-sela, kunci, putar ibu jari, putar telapak tangan). Acara terselengara dengan lancar dan anak-anak sangat antusis dalam mendengarkan dan mempraktikan.

Tahap cuci tangan yang benar, pertama basahi tangan dengan air, dan tuangkan sabun ke telapak tangan. Selanjutnya usapkan dan gosok sabun di telapak tangan, lalu gosok sela-sela jari tangan, kemudian gosok bagian pungung tangan, gerakan memutar pada ibu jari, gosok ujung-ujung jari dan bilas menggunakan air mengalir, langkah yang terakhir yaitu keringkan tangan mengguakan tissue kering. Cuci tangan yang baik dan membutuhkanwaktu selama 20-30 detik .

"Dengan diadakannya sosialisasi cuci tangan dapat memberikan pengetahuan akan cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Sehingga membuat kita terhindar dari berbagai virus dan kuman penyakit. Oleh karena itu, di masa pendemi seperti sekarang ini kita harus lebih rajin untuk mencuci tangan sebagai salah satu upaya yang kita lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," terang Indri Octavia kepada majalahlarise.com. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top