SMPN 2 Pracimantoro Tetap Berprestasi dan Tanamkan Nilai Karakter di Masa Pandemi

Print Friendly and PDF

Kepala SMP Negeri 2 Pracimantoro, Asih Budi Utami, S.Pd saat foto bersama siswa berprestasi MTQ Cabang Tartil tingkat Kecamatan Pracimantoro tahun 2022 yaitu Juara 1 putri Syakila Fauziah Hafifah (kelas 9 E) dan Juara 3 putri Zuyyin Royaiya Yasaroh (kelas 9 C).

SMPN 2 Pracimantoro Tetap Berprestasi dan Tanamkan Nilai Karakter di Masa Pandemi

Wonogiri- majalahlarise.com -Penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik di masa pandemi yang masih berlangsung saat ini tidak pernah surut di SMP Negeri 2 Pracimantoro. Hal ini dapat dilihat pembiasaan yang dilakukan sekolah kepada peserta didik masih berlangsung seperti pembiasaan hafalan surat-surat pendek juz amma, apel pagi, menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stansa, menyanyikan lagu mars SMPN 2 Pracimantoro, kegiatan kebersihan, Jumat sehat dan sebagainya.

"Pembiasaan-pembiasaan itu masih berjalan yang penerapannya tetap sesuai protokol kesehatan. Walau anak-anak itu masuknya 50% secara terbatas," terang Kepala SMP Negeri 2 Pracimantoro, Asih Budi Utami, S.Pd saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Lebih lanjut, wanita yang akrab disapa bu Asih ini menyampaikan penanaman nilai-nilai karakter juga dilaksanakan di kelas melalui bapak ibu guru dalam pembelajaran menyelipkan pendidikan karakter. Sehingga peserta didik tetap memiliki rasa nasionalisme, beriman, kemandirian, kreatif. Selain itu melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Pembiasaan siswa mengaji hafalan juz amma bersama-sama.

"Ekstrakurikuler juga mulai Februari ini dilaksanakan ekstra Pramuka. Ektra yang menonjol itu bola voli dan karate. Selama pandemi prestasi ditorehkan dari karate mendapat lima medali yaitu dua medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu. Sedangkan bola voli SMPN 2 Pracimantoro masih unggul prestasi baik voli putra maupun voli putri. Walau pandemi mereka masih berlatih lewat club bola voli," ungkapnya.

Ditambahkannya, melalui pembiasaan mengaji, siswa SMP Negeri 2 Pracimantoro memperoleh prestasi MTQ Cabang Tartil tingkat Kecamatan Pracimantoro tahun 2022 yaitu Juara 1 putri Syakila Fauziah Hafifah (kelas 9 E) dan Juara 3 putri Zuyyin Royaiya Yasaroh (kelas 9 C).

"Kegiatan pemilihan ketua OSIS menggunakan pemilihan langsung juga sudah terlaksana dan dilanjutkan pelantikan," tambahnya.

Masa pandemi yang masih berlangsung saat ini, sebagai orang yang dituakan di SMPN 2 Pracimantoro berpesan kepada siswa tetap semangat walau belajarnya belum bisa bersama temannya, bertemu guru masih terbatas secara daring tidak mengurangi makna pelajaran yang disampaikan bapak ibu guru.

"Kepada anak-anak saya sampaikan selalu mengikuti informasi up date melalui grup kelasnya. Materi apa saja yang sudah disampaikan, kegiatan apa saja yang ada di sekolah. Sehingga walaupun pandemi, pembelajaran terbatas 50% tidak mengurangi hak belajar anak. Kita tetap menekankan protokol kesehatan di manapun," paparnya. (Sofyan)


Baca juga: RCU Membantu Bimbing Anak Belajar di Masa Pandemi Covid-19


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top