Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Proker Traumahiling Pembelajaran di Masa Pandemi

Print Friendly and PDF

Gilang Bayu Saputra lakukan program kerja Traumahiling Pembelajaran di Masa Pandemi bagi Anak-anak dan Remaja di Desa Dalemrejo. 

Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Proker Traumahiling Pembelajaran di Masa Pandemi 

Karanganyar- majalahlarise.com -Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh setiap perguruan tinggi khususnya Universitas. Dengan adanya program KKN ini lembaga perguruan tinggi berharap mahasiswanya dapat melaksanakan Tri Darma perguruan tinggi melalui pengabdian kepada masyarakat. Melalui KKN mahasiswa juga dituntut menyatu dan merasakan dinamika masyarakat secara langsung. 

Sayangnya tiga tahun sejak adanya COVID-19 KKN yang dulu tampak mengasikan karena dapat menginap dan melaksanakan program kerja secara ramai-ramai bersama kelompoknya kini harus beralih menjadi KKN individu. Sempat juga program KKN berganti-ganti nama mulai dari KKN Bali Ndeso dan KKN Tematik demi menyesuaikan dengan kondisi COVID-19 sekarang ini, namun perubahan nama tidak lantas mengurangi hakikat KKN itu sendiri.

Sama halnya UNIVET Bantara Sukoharjo ditahun ini juga menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan KKN ditahun akademik 2021/2022 dengan tema Pendidikan Masyarakat disaat Pandemi “Rumah Cerdas Univet” melalui tema tersebut salah satu mahasiswanya, Gilang Bayu Saputra lakukan program kerja Traumahiling Pembelajaran di Masa Pandemi bagi Anak-anak dan Remaja di Desa Dalemrejo. 

Program ini dilaksanakan dengan sasaran anak-anak dan remaja di sekitaran rumahnya yang beralamat di Ds. Dalemrejo, Kaliwuluh, Kebakramat.

“Saya memiliki ide ini karena ingin membantu anak-anak serta remaja desa dalam menyelesaikan Taruma atau masalah yang dihadapi saat pembelajaran di masa pandemi. Selain itu karena Proker Traumahiling ini juga sebagai wadah bagi Anak-anak dan Remaja desa untuk mengali dan mengembangkan potensi dirinya," ujar mahasiswa Pendidikan Biologi yang kerap disapa Gilang. 

Dengan protokol kesehatan yang ketat mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak saat kegiatan berlangsung, anak-anak dan remaja sangat antusias dalam menyampaikan masalah yang dihadapi pada pembelajaran di masa pandemi. Banyak orang tua dan warga sekitar penasaran dan menyambut baik program yang dilakukan Gilang di desanya dengan harapan supaya Ia mampu memberikan solusi atau pemecahan masalah yang dihadapi anak-anak dan remaja di Ds. Dalemrejo disela pembelajaran daring. 

"Saya berterimakasih kepada bapak Dr. Agus Efendi,S.Sn.,M.Sn selaku Dosen Pembimbing ( DPL )  Kegiatan KKN Mandiri yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Februari 2022 hingga tanggal 17 Maret 2022 . Terimakasih karena bapak sudah selalu memberi dukungan dan selalu mengarahkan mahasiswa mahasiswanya agar kegiatan selama 45 hari ini dapat terlaksana dengan baik," ucap Gilang. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top