Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Program RCU

Print Friendly and PDF

Adnan Liestya Nugraha saat membimbing anak-anak belajar.

Mahasiswa KKN Univet Laksanakan Program RCU

Grobogan- majalahlarise.com -Peserta KKN Periode II tahun 2021/2022 bernama Adnan Liestya Nugraha dari Program Studi Peternakan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, melaksanakan Program KKN secara mandiri di desa domisili, yaitu di Lingkungan Kedungmojo RT 3/8, Kelurahan Kunden, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan. 

Salah satu program yang sudah disusun adalah kegiatan pendampingan belajar bersama pelajar tingkat SD setempat, yang dilakukan pada tanggal 12 - 13 Februari 2022. 

Program ini adalah program unggulan gagasan Univet Bantara Sukoharjo, yaitu Rumah Cerdas Univet (RCU), sebagai bentuk kontribusi terhadap pendidikan anak-anak di tempat tinggal mahasiswa. Program RCU ini bertujuan untuk membantu para pelajar untuk meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat mereka. Jika ada tugas dari sekolah yang tidak mereka mengerti, maka bisa ditanyakan kepada mahasiswa.  

Program kerja ini dilakukan karena adanya varian baru Covid-19 yaitu omicron, sesuai anjuran dari pemerintah, pembelajaran di sekolah dibagi dengan 2 waktu, yaitu sebagian berangkat pagi, dan sisanya berangkat sekitar pukul 09.00 WIB. Tentu dengan waktu terbatas saat pembalajaran tatap muka, maka daya serap mereka tidak optimal. Terdapat pelajar yang belum mahir berhitung dikarenakan kurangnya intensitas belajar tatap muka. 

Sehingga dengan adanya Rumah Cerdas Univet Bantara Sukoharjo ini disambut dengan baik oleh para orangtua. Mereka berharap agar anak-anak tidak malas belajar dan mampu meningkatkan semangat dalam belajar kembali. Anak-anak cenderung lebih memilih bermain secara terus-menerus jika tidak ada yang membimbing belajar saat dirumah.

"Bimbingan fokus dengan materi pelajaran matematika, karena materi ini dianggap sebagai hal yang sulit untuk pelajar, apalagi yang masih duduk di kelas 1 SD. Dan materi pelajaran yang lainnya tetap diberikan dengan harapan bisa melengkapi wawasan para pelajar," terang Adnan kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top