Mahasiswa KKN Univet Ikut Serta Mengajar TPQ

Print Friendly and PDF

Rizki Utami Susidanto saat membimbing membaca iqro.

Mahasiswa KKN Univet Ikut Serta Mengajar TPQ

Karanganyar- majalahlarise.com -Rizki Utami Susidanto mahasiswa dari Prodi  Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan kegiatan KKN Mandiri  di dusun Sentono Rt 02/ Rw 07, Tawangsari, Kerjo, Karanganyar telah dimulai pada tanggal 1 Februari 2022 yang akan berlangsung selama 45 hari. Sebelum KKN dimulai Mahasiswa telah mengurus kegiatan perijinan kepada Ketua RT 02 dusun Sentono yaitu bapak Supri dan mensosialisasikan Program Kerja yang akan di laksanakan selama KKN berlangsung.

Dalam kegiatan KKN Mandiri Mahasiswa bekerja sama dalam lingkungan Masyarakat telah membuat beberapa Proker (Program Kerja) yaitu Proker Utama dan Proker Penunjang yang salah satunya adalah TPQ. Kegiatan TPQ di dusun Sentono bertempat di Masjid Ar-Rohman. Untuk Kegiatan TPQ ini dilakukan setiap hari Rabu,Sabtu dan Minggu pada pukul 15.00-17.00 WIB. Kegiatan TPQ merupakan kegiatan untuk membimbing/mengajarkan anak-anak Membaca Iqro dan Al Qur’an dan Menulis huruf Hijaiyah, apabila anak-anak yang sudah lancar dalam membaca Iqro maka dilanjutkan pada pembelajaran Al Qur’an. 

Mengaji merupakan suatu aktivitas belajar ilmu agama. Kegiatan mengaji sangat diperlukan untuk diajarkan kepada anak-anak dari usia dini, karena mereka masih membutuhkan ilmu-ilmu dasar agama Islam untuk dapat diaplikasikan pada saat dewasa. 

Banyak anak-anak yang masih belum bisa membedakan huruf hijaiyah dengan benar sehingga mereka membutuhkan waktu yang lebih lama dalam belajar mengaji. Pendampingan mengajar mengaji ini memiliki tujuan untuk meningkatkan minat mengaji sejak dini dan mengetahui bahwa pembelajaran mengaji sejak usia dini itu penting karena akan lebih mudah dipelajari bagi anak anak.

"Saya berharap adanya kegiatan TPQ ini anak-anak lebih semangat dalam belajar mengaji walaupun di tengah tengah kondisi Pandemi Covid 19,” terang Rizki Utami Susidanto kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top