Mahasiswa KKN Univet Bimbing Belajar dan Sosialisasi Prokes

Print Friendly and PDF

 

Rustanti Widyaningrum saat melakukan bimbingan belajar.


Mahasiswa KKN Univet Bimbing Belajar dan Sosialisasi Prokes

Wonogiri- majalahlarise.com -Rustanti Widyaningrum, salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Univet Bantara Sukoharjo  melaksanakan KKN Mandiri di lingkungan tempat tinggalnya sendiri. Dusun Kuryo RT 04 RW 01 Kelurahan Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Mulai tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 17 Maret 2022.

Hal tersebut sebagai wujud Tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Ada beberapa program kerja yang akan dilaksanakan Rustanti dalam KKN periode kedua ini yaitu sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada anak usia SD, bimbingan belajar anak usia SD dan bimbingan belajar anak usia SMP.

Pada awal kegiatan KKN dimulai, Rustanti telah mengurus perizinan kepada Bapak Suwarto selaku Ketua RT 04 dan Bapak Suroyo selaku Ketua RW 01. Rustanti juga sudah mensosialisasikan program kerja yang akan dilaksanakan selama 45 hari.

Pada hari Selasa, 8 Februari 2022, Rustanti memulai bimbingan belajar yang pertama untuk anak usia SMP. Sedangkan pada hari Kamis, 10 Februari 2022, Rustanti memulai bimbingan belajar yang pertama untuk anak usia SD. 

Murid-murid bimbingan belajar sangat antusias untuk mengikuti kegiatan bimbingan belajar. Mereka bahkan meminta bantuan kepada Rustanti untuk membantu mengerjakan tugas yang belum mereka pahami. Hal ini sejalan dengan tujuan diadakannya bimbingan belajar ini, yaitu untuk membantu anak-anak usia sekolah di Dusun Kuryo RT 04 RW 01 Kelurahan Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri yang mengalami kesulitan belajar, terutama pada mata pelajaran Matematika.

Pada hari Kamis 10 Februari 2022 Rustanti juga memberikan sosialisasi protokol kesehatan kepada anak-anak tentang cara mencuci tangan yang benar, cara memakai masker yang benar dan contoh pemakaian masker yang salah. Hal ini perlu dilakukan mengingat covid yang belum reda sepenuhnya. Anak-anak sangat antusias mendengarkan penjelasan yang dipaparkan oleh Rustanti. Mereka juga mempraktekkan secara langsung bersama Rustanti tentang cara mencuci tangan dan cara memakai masker.

"Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menumbuhkan kebiasaan kepada anak-anak untuk tetap terhindar dari adanya pandemi saat ini," ungkap Rustanti kepada majalahlarise.com. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top