Mahasiswa KKN Univet Ajak Anak Belajar Sambil Bermain

Print Friendly and PDF

Dian Wafi’ah Ika Vaffaningsih saat membimbing anak belajar di RCU.

Mahasiswa KKN Univet Ajak Anak Belajar Sambil Bermain

Karanganyar- majalahlarise.com -Dian Wafi’ah Ika Vaffaningsih Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara. KKN Mandiri dilaksanakan dilingkungan tempat tinggal yang berlokasi di Desa Semenharjo, Kelurahan Suruhkalang, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. KKN dilaksanakan selama 45 hari dimulai dari tanggal 1 Februari sampai 17 Maret  2022.

KKN Mandiri memiliki program kerja unggulan yaitu Rumah Cerdas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (RCU –UVBN). RCU—UVBN terdapat 4 bidang utama yaitu Bidang Pendidikan,Bidang Kesehatan, Bidang Ekonomi Kreatif, Bidang Sosial Budaya.

Tema KKN Mandiri Periode II tahun 2022 adalah Pendidikan Masarakat di Masa Pandemi Covid 19. Program Kerja Utama yang dipilih dalam kegiatan KKN adalah permainan dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan pada hari Rabu, 9 Februari 2022. 

Target sasarannya adalah anak-anak SD, memasuki jenjang Pendidikan Sekolah Dasar belajar menjadi hal yang semakin serius. Waktu belajar sebagian besar hanya melibatkan buku-buku pelajaran dan tugas-tugas dengan suasana yang formal, hingga siswa sering kali merasa jenuh di dalam kelas. Untungnya, kini mulai banyak guru yang kreatif dalam memilih metode belajar agar siswa tidak merasa bosan dan lebih memahami makna. Bagi anak-anak bermain merupakan suatu aktivitas yang membantu anak-anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik, intelektual, sosial, moral, dan emosional.

"Dalam kegiatan KKN ini saya menggunakan metode permainan dalam pembelajaran. Metode ini merupakan wahana dalam proses pembelajaran anak yang menenangkan. Cara belajar yang baik, salah satunya adalah dalam suasana tanpa tekanan dan paksaan. Teknik mengajar dengan permainan sangat efektif untuk menjelaskan suatu pengertian yang bersifat abstrak dan konsep yang sulit dijelaskan dengan kata-kata," terang Dian Wafi’ah Ika Vaffaningsih kepada majalahlarise.com.

Manfaat bermain sambil belajar bagi tumbuh kembang anak antara lain; perkembangan kognitif, perkembangan fisik perkembangan sosial dan emosional. (Sofyan)



  



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top