KKN UNS Tahun 2022 di Kelurahan Tipes Gelar Pelatihan Pembuatan Totebag dan Digitalisasi UMKM Kain Perca

Print Friendly and PDF

Tim mahasiswa KKN UNS saat memberikan penjelasan tentang pelatihan pembuatan Totebag dan Digitalisasi UMKM Kain Perca.

KKN UNS Tahun 2022 di Kelurahan Tipes Gelar Pelatihan Pembuatan Totebag dan Digitalisasi UMKM Kain Perca

Solo- majalahlarise.com -Tim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menyelenggarakan pelatihan pembuatan totebag dan digitalisasi UMKM kain perca. Di bawah bimbingan Prof. Venty Suryanti selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), mereka menggandeng Sentra Solidaritas Sumber Sejahtera yang diketuai oleh Ibu Muji Istini. 

Pelatihan ini dilaksanakan secara luring pada Sabtu (19/2/2022) dengan mematuhi protokol kesehatan di Balai Kampung Sukro Manis, RT 02 RW 13, Tipes, Serengan, Surakarta.  

Kegiatan ini diawali dengan pelatihan pembuatan totebag dengan narasumber Affresha Prima Shandy. “Anggota sentra selama ini hanya menekuni kain perca dibuat daster dan baju. Biasanya, sisa kain yang berukuran kecil-kecil dibuang begitu saja, kini sisa kain bisa dimanfaatkan kembali dan memiliki nilai jual dengan dibuat tas jinjing,” kata Ibu Muji Istini.  

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai digitalisasi produk, pengenalan e-commerce dan media sosial, pangsa pasar di masing-masing marketplace, prime time social media, dan tips memotret produk agar lebih menarik. 

“Pelatihan ini dapat membuka wawasan anggota sentra untuk memulai jual beli online agar dapat memperluas pasar dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya. 

“Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat, melatih ibu-ibu untuk membuat totebag, berbagi pengetahuan tentang penjualan online dan cara memfoto produk yang tepat,” ungkap Bu Madu Mastuti selaku Ibu RT 02 RW 13, Tipes. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top