Asyiknya Permainan Edukatif Pesan Bersambung Bersama Anak-Anak TPQ Masjid Al-Mannan Suruh Pabrik

Print Friendly and PDF

Fitriana Rafsanjani saat mendampingi anak-anak dalam permainan edukatif pesan bersambung.

Asyiknya Permainan Edukatif Pesan Bersambung Bersama Anak-Anak TPQ Masjid Al-Mannan Suruh Pabrik 

Sukoharjo- majalahlarise.com -Fitriana Rafsanjani Mahasiswa Universitas Veteran  Bangun Nusantara Sukoharjo dari Program Studi Pendidikan Matematika melaksanakan Kuliah Kerja Nyata periode II 2022 di Dukuh Suruh Pabrik Rt.03 Rw.02 Desa Jatisobo, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Sabtu 5 Februari 2022.

Tema yang diangkat adalah “Pendidikan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19”. Program Utama yang dipilih dalam kegiatan KKN adalah Pendidikan Al-Qur’an. Salah satu kegiatan dalam TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) adalah membaca iqro/ al-qur’an dan penunjang yang lain adalah bermain game permainan bersama santri TPA masjid Al-Mannan.

Salah satu cara belajar terbaik yaitu dalam kondisi tidak dalam kategori ini ketika dimasukkan pembelajaran didalamnya. Menurut Mayke S. Tedjasaputra bahwasannya bermain merupakan pengalaman belajar ang berguna untuk anak. Ada beberapa manfaat bermain yaitu: mengembangkan aspek fisik, mengembangkan aspek sosial, mengembangkan aspek emosi.

Dalam kegiatan TPA Mahasiswa KKN membantu mitra kegiatan yang pertama mengajar ngaji dan kemudian mengajak anak-anak untuk bermain game permainan Pesan Bersambung. Tujuan permainan ini untuk memacu penguatan daya ingat anak. Sistem permainannya adalah 5 anak dijadikan 1 kelompok. Urutan orang yang pertama akan diberikan kata-kata oleh pengasuh. Misalnya sholat maghrib sebanyak 3 rakaat dan kemudian kata-kata itu harus sampai pada anak yang berada di paling ujung. Kebenaran dan kesesuaian kata dari anak pertama dan terakhir sebagai tolak ukur kebenaran.

"Dengan adanya kegiatan bermain di TPA ini membuat para santri  TPA semakin semangat untuk berangkat belajar ngaji atau belajar al-qur’an. Selain itu semakin banyak juga anak-anak di lingkungan sekitar yang ingin ikut berpartisipasi di lingkungan TPA. Selain anak-anak juga ada orang tua yang sangat antusias dan mendukung kegiatan dari mahasiswa," terang Fitriana Rafsanjani kepada majalahlarise.com. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top