MENCIPTAKAN KONDISI BELAJAR MENYENANGKAN MELALUI BERMAIN "DADU KERTAS" DALAM BERHITUNG PENJUMLAHAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA

Print Friendly and PDF


MENCIPTAKAN KONDISI BELAJAR MENYENANGKAN MELALUI BERMAIN "DADU KERTAS" DALAM BERHITUNG PENJUMLAHAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA

Oleh : Ernawati, S.Pd 

Guru SLB Negeri 6 Jakarta

Ernawati, S.Pd


       Keberhasilan belajar adalah sebuah output yang diharapkan dari proses pembelajaran. Ada banyak faktor yang menentukan tercapainya sebuah keberhasilan belajar. Upaya mencapai keberhasilan belajar yang lakukan penulis adalah menciptakan sebuah kondisi lingkungan menyenangkan bagi peserta didik yang merupakan anak Tunagrahita di SLB Negeri 6 Jakarta. Penulis memfokuskan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan atas dasar bahwasanya peserta didik Tunagrahita memiliki keterbatasan mental sehingga untuk proses pembelajaran yang diberikan harus memperhatikan pemodifikasian yang sederhana dan menyenangkan dari segala faktor. 

        Upaya menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan kepada peserta didik Tunagrahita yaitu memodifikasi proses pembelajaran dengan sebuah permainan. Permainan yang dilakukan yaitu bermain dadu. Media yang digunakan adalah sebuah alat peraga sederhana berupa “Dadu Kertas” yang merupakan hasil karya penulis sendiri. Saya ingin mengajak peserta didik Tunagrahita bermain dadu dengan mengkolaborasi kegiatan belajar berhitung penjumlahan. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengajarkan berhitung penjumlahan melalui sebuah permainan.

       Proses belajar yang dilakukan melalui sebuah permainan sangat mampu menciptakan kondisi lingkungan belajar yang menyenangkan. Peserta didik Tunagrahita menjadi aktif dan senang melakukan kegiatan bermain dadu. Kegiatan belajar menjadi tidak monoton dan yang menjadi nilai lebih dari permainan dadu adalah peserta didik merasa tidak sedang belajar seperti pada umumnya karena yang mereka rasakan adalah bermain. Hal ini disebabkan proses belajar berhitung terkemas dalam permainan tersebut.

Foto media dadu kertas.

Foto peserta didik bermain dadu sambil belajar berhitung penjumlahan.




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top