Mahasiswa Magang Unisri Memberi Layanan Pembayaran Tagihan Melalui Aplikasi Pospay di Kantor Pos Solo

Print Friendly and PDF

Rusmiyati Fatonah saat memberikan pelayanan di Kantor Pos Solo.

Mahasiswa Magang Unisri Memberi Layanan Pembayaran Tagihan Melalui Aplikasi Pospay di Kantor Pos Solo

Solo- majalahlarise.com -Rusmiyati Fatonah Mahasiswa MBKM “Merdeka Belajar Kamus Merdeka” Magang Kerja UNISRI 2021 di Kantor Pos Solo yang beralamatkan di Jalan Jendral Sudirman No. 8, Kp. Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta dengan DPM Drs. Suprayitno, M.Si. 

Dalam keterangan tertulis, Kamis, 30 Desember 2021, Rusmiyati Fatonah menyampaikan saat ini PT Pos Indonesia baru saja memberikan pelayanan pembayaran tagihan melalui aplikasi Pospay/ system online payment point yang dapat mempermudah masyarakat. 

Pospay ini merupakan layanan pembayaran  milik PT. POS Indonesia dimana pelanggan melakukan pembayaran atas pembelian di elevenia melalui Kantor POS atau Agen POS yang ada diseluruh Indonesia. Tagihan pembayaran dan angsuran apapun yang dapat dibayarkan melalui Pospay ini antara lain : Pembayaran Rekening Telepon, Paska Bayar Seluler, Tagihan Rekening Listrik (PLN), Token Listrik Pra Bayar (PLN), Tagihan Rekening Air Minum (PDAM), Asuransi, Angsuran Kredit (Finance), Kartu Kredit dan Personal Loan, Pengisian Pulsa, Televisi Berlangganan, dan lain-lain. Pelayanan Pospay pastinya lebih mudah, lebih cepat, dan aman karena menggunakan Sistem Online Payment Point (SOPP) yang telah menjangkau seluruh Indonesia. Transaksi yang dapat dilakukan di loket agen sebagai perluasan layanan PT. POS Indonesia sudah terintegrasi untuk transaksi layanan Pospay, layanan pengiriman surat dan paket, serta layanan wesel pos. 

Layanan transaksi keuangan PT. POS Indonesia dalam hal ini Agen Pospay berdasarkan pada Undang-undang no 38 tahun 2009 tentang Pos pasal 5 ayat 1 poin d. Peraturan Pemerintah no 15 tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang-undang no 38 tahun 2009 tentang Pos.

Sistem Payment Point Online mempunyai dasar hukum sebagai berikut :

UU no 10 tahun 1998 no 7 tahun 1998 asal 1 ayat 2 tentang perbankan.

Kepuasan Direksi PLN no 021.K/0599/DIR/1995 tanggal 23 Mei 1995 tentang Pedoman dan Petunjuk Tata Usaha Pelanggan.

Berikut Langkah-langkah membuat akun Pospay pada smartphone :

Pertama, download aplikasi Pospay pada Playstore maupun Apstore.

Kedua, buka aplikasi yang sudah terinstal lalu klik lanjutkan.

Ketiga, lakukan buat akun lalu isi data diri sesuai petunjuk sehingga akan muncul no rekening Pospay pada akun milik pelanggan.

Ada beberapa kelebihan dari Pospay yang membedakan denga aplikasi lain yaitu : Tidak ada biaya admin. Bebas dari hunga uang. Penarikan uang tidak harus di kantor pos, melainkan di indomaret dan ATM BCA. Uang bisa ditransfer ke Bank BNI, BNI Syariah, Bank BTN, Bank BCA, dan Bank Mandiri. Pemindahbukuan antar rekening giro tanpa biaya admin, dengan fitur QR code proses jadi lebih mudah. Kirim uang kepada yang tidak punya rekening bank bisa menggunakan fitur wesel yang bisa dicairkan langsung di kantor pos. Cara top up saldo Pospay yaitu datang ke Kantor Pos terdekat, lakukam setoran tunai ke bagian loket. Kemudian ada beberapa jaringan transfer perbankan yang sesuai dengan virtual account masing-masing. Top up saldo minimal 20 ribu dan akan mendaatkan 10 ribu poin. Selain itu Pospay ini juga dapat melayani pengisian Gopay dengan cukup menyebutkan nomor telepon. 

Berikut pemahaman mengenai Pospay dimana data memberikan kemudahan dan fasilitas layanan transaksi keuangan lengkap secara mobile yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. 

"Jika ada masalah atau penjelasan lebih lanjut, pengguna Pospay bisa berkonsultasi langsung dengan mengunjungi Kantor Pos terdekat maupun agen Pos," terangnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top