Yenika Sari, Mahasiswa Unisri Magang Kerja di Sub Bagian Tata Usaha Bagian Keuangan, Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan

Print Friendly and PDF

Yenika Sari saat mengerjakan tugas magang.


Yenika Sari, Mahasiswa Unisri Magang Kerja di Sub Bagian Tata Usaha Bagian Keuangan, Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan

Solo- majalahlarise.com -Harapan setiap mahasiswa setelah lulus adalah mendapatkan pekerjaan yang baik dan layak. Fresh Graduate atau mahasiswa yang baru menyelesaikan pendidikannya akan memulai membangun karir untuk menerapkan bidang keilmuannya.  Mereka akan berlomba dalam persaingan sejalan dengan minat dan bakatnya. Mengalami kekhawatiran saat akan masuk ke dunia kerja yang seringkali dialami oleh para Fresh Graduate. Kekhawatiran yang dihadapi  diantaranya mempertimbangkan masalah karir, kecemasan akan ketidakpastian apa yang akan terjadi di masa depan, serta sulitnya mencari pekerjaan. Mereka dituntut memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi di berbagai aspek pekerjaan yang dikehendaki.  

Knowledge, Skill, dan Attitude. Ketiga hal ini mungkin sudah tidak asing di dengar. Dimana knowledge berarti pengetahuan, skill artinya keterampilan, dan attitude berarti sikap. Knowledge, skill, dan attitude, adalah tiga kompetensi yang sudah seharusnya dimiliki dalam dunia kerja. Namun apa jadinya jika ketiga hal tersebut tidak semuanya dimiliki oleh Fresh Graduate

Menjawab tantangan tersebut Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta ikut mendukung terobosan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Magang Kerja (MBKM Magang Kerja). Sebagai bentuk untuk mewujudkan visi dan misi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Pelaksanaan MBKM Magang Kerja dimulai pada tanggal 1 November 2021 sampai dengan 31 Desember 2021. 

Yenika Sari dengan Dosen Pembimbing Magang (DPM) Dr. Hudi Kurniawanto, SE. MM. melaksanakan magang kerja di Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan.  Hal ini dilakukan berbagai pertimbangan dalam memilih lokasi/ objek magang kerja.  

Yenika Sari dan Shinta Karina Putri saat foto bersama usai penyerahan cinderamata kepada Pimpinan Kantor ATR/ BPN Pacitan.

Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan adalah salah satu entitas akuntansi di bawah Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional yang berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Salah satu pelaksanaannya adalah menyusun laporan keuangan berupa Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan dengan demikian kualitas Laporan K/L dapat ditingkatkan yang pada akhirnya Laporan Keuangan Pemerintah Pusat dapat disajikan dengan akuntabel, akurat, dan transparan. Sehingga mahasiswa magang kerja dapat mengetahui bagaimana Aktifitas Kelompok Substansi Keuangan Dan Barang Milik Negara pada Sub Bagian Tata Usaha Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan dalam pelaksanaan anggaran dan posisi keuangan secara layak sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah. Diantaranya, Mengadministrasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Keuangan; Entry Setoran Pajak PPh 22 dan PPh 23; Menginventarisasi daftar SPD2 dan bukti potongan SPM; Digitalisasi dokumen pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara; Rekapitulasi daftar setoran Penerimaan Negara (Pajak); Menyusun kwitansi pendaftaran rutin sertifikat di loket Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan; Rekapitulasi Buku Pencatatan Penerimaan Dan Penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP); Rekapitulasi Kwitansi Perjalanan Dinas yang dilaporkan setiap akhir tahun; serta Rekapitulasi setoran pajak pengeluaran belanja setiap akhir bulan.

Menurut Yenika Sari, program MBKM Magang kerja dilaksanakan dengan tujuan di antaranya: Sebagai salah satu syarat kelulusan S1 Program Studi Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta; Melatih mahasiswa untuk disiplin dan bertanggung jawab pada apa yang menjadi tugasnya; Mengembangkan wawasan dan pengalaman mahasiswa sekaligus sebagai media adaptasi atau pengenalan terhadap lingkungan kerja sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya; Mengaplikasikan pengetahuan yang telah diterima selama menjalani pendidikan di Universitas Slamet Riyadi Surakarta; Agar Fakultas Ekonomi dapat menghasilkan sarjana yang mampu memahami dan menghayati permodalan yang kompleks yang dihadapi masyarakat umumnya dan masyarakat industri khususnya, dan belajar memecahkan permasalahan secara praktis dan pragmatis; Untuk lebih mendekatkan Fakultas ekonomi dengan masyarakat dan masyarakat industri. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top