Temu IKA Kesmas 2021 Prodi Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Kegiatan temu IKA Kesmas 2021 prodi Kesehatan Masyarakat FKM Univet Bantara Sukoharjo secara daring.

Temu IKA Kesmas 2021 Prodi Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Univet Bantara Sukoharjo menyelenggarakan Kegiatan Temu Alumni yang dinamakan dengan IKA KESMAS (Ikatan Alumni Kesehatan Masyarakat) secara daring melalui Aplikasi Zoom dan Live Youtube FKM Univet Bantara. 

Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari Dosen dan Alumni Mahasiswa yang ada di Prodi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Univet Bantara mengusung tema Tak Kenal Maka Tak Sayang. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Titik Haryanti, SKM., MPH (Dekan FKM) dan Wartini, SKM., M.Sc (Wakil Dekan FKM), Nine Elissa Maharani, SKM., M.Kes (Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat) beserta sekretaris Prodi  Iik Sartika, S.KM.,M.Kes, dan seluruh Dosen Prodi Kesmas. Jumat (17/12/2021).

Narasumber pada kegiatan temu alumni yaitu Bambang Sudiyono, SKM MM selaku ketua IKAKESMAS sekaligus Kasi kesehatan lingkungan Kesehatan kerja dan Olahraga dan narasumber kedua, Dessy Elva Listianti, SKM, menjabat penyuluh KB BKKBN di Kabupaten Pacitan.

Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Nine Elissa Maharani, S.K.M., M.Kes dalam sambutan menyampaikan temu IKA KESMAS merupakan ajang bersilahturahmi antar alumni dan dosen di Prodi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Univet Bantara. Selain itu, menyampaikan peran alumni ke program studi. 

"Sebagai sesama alumni dari sebuah almamater diharapkan terdapat hubungan yang kuat dan suasana kekeluargaan diantara mereka. Di samping itu, sebagai sesama alumni mereka dapat saling membantu dan bekerja sama dalam satu dan lain hal atau urusan," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, peran alumni sebagai “IRON STOCK” yaitu almamater memerlukan SDM untuk regenerasi dengan disiplin ilmu yang dimiliki oleh almamater. Kedekatan yang erat antar alumni menjadi nilai tambah bagi para lulusan baru, terlebih bagi lulusan yang belum mendapatkan pekerjaan. Alumni akan membuka kesempatan yang besar untuk para alumni yang belum mendapat pekerjaan agar segera mendapatkan pekerjaan, sehingga nantinya akan menggurangi jumlah pengangguran. Membantu sinergitas dengan Fakultas dan Universitas. 

"Pentingnya peran alumni dalam kegiatan proses akreditasi. Adapun peran alumni diantaranya dalam kegiatan sumbangan dana, bantuan fasilitas, keterlibatan dalam kegiatan akademik dan non akademik, kegiatan jejaring alumni, dan penyediaan fasilitas akademik," ungkapnya.

Nine Elissa Maharani berharap kegiatan temu alumni menjadi kegiatan rutin tahunan yang bisa dijadikan ajang silaturahmi dan jejaring alumni.

Dekan FKM Univet Bantara Sukoharjo, Titik Haryanti, S.K.M., M.P.H. menyampaikan tujuan Temu Alumni ini diharapkan dapat mempersatukan dan mempererat tali persaudaraan, sebagai wadah yang memfasilitasi hubungan berkesinambungan, antara alumni, fakultas dan Universitas, membangun jejaring Link, menjembatani hubungan antara alumni dengan mahasiswa yang mencari pengalaman pembelajaran di dunia pendidikan tinggi dan sebagai prasyarat kinerja di  dunia kerja, menggali informasi lebih lanjut mengenai transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, relevansi  pendidikan dan pemerolehan kompetensi alumni, aspek sosiobiografi alumni, serta memotret hubungan  antara pengalaman pembelajaran di dunia pendidikan  tinggi dan prasyarat serta kinerja di dunia kerja. 

Pada acara inti diisi oleh Bambang Sudiyono, SKM MM selaku ketua IKAKESMAS sekaligus Kasi kesehatan lingkungan Kesehatan kerja dan Olahraga  yang menyampaikan tentang keorganisasian dan program kerja alumni (IKA KESMAS).

Kemudian  dilanjutkan dengan sharing bersama alumni dengan menampilkan salah satu alumni berprestasi yaitu Desy Elva, S.K.M yang menyampaikan peran Kesmas dalam dunia kerja. Kegiatan diskusi ini dipandu oleh moderator Iik Sartika, S.K.M., M.Kes.

"Sebagai kegiatan perdana, kegiatan ini sudah cukup baik. Harapan kami IKAKESMAS ke depan menjadi salah satu organisasi yang bisa membesarkan prodi kesmas FKM Univet Bantara di kancah Nasional," harapnya. (Anie/ Sofyan)


Baca juga: FKIP Univet Bantara Sukoharjo Adakan Evaluasi Hasil AMI Tahun 2021 dan Evaluasi Kinerja Dekan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top