Sigit Priyono, Mahasiswa Unisri Berbagi Pengalaman Magang di Kantor Urusan Agama Kecamatan Laweyan Kota Surakarta

Print Friendly and PDF

Sigit Priyono saat mengerjakan tugas magang.

Sigit Priyono, Mahasiswa Unisri Berbagi Pengalaman Magang di Kantor Urusan Agama Kecamatan Laweyan Kota Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa Magang Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI), Sigit Priyono Prodi Manajemen dengan Dosen Pembimbing Magang Fabiani Rengganesti, melaksanakan magang di Kantor Urusan Agama Kecamatan Laweyan Kota Surakarta dimulai dari tanggal 1 November 2021- 31 Desember 2021.

Praktek kerja atau Magang merupakan mata kuliah dengan upaya meningkatkan sumber daya manusia khususnya dalam bidang ekonomi yang diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman kerja di perusahaan atau instansi agar bisa menyesuaikan diri sesudah lulus dari perguruan tinggi. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori yang di peroleh selama masa perkuliahan dengan kegiatan praktik kerja nyata pada bagian administrasi dan dibagian yang lain di Kantor Urusan Agama Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.

“Mungkin kebanyakan orang akan heran dan menganggap aneh karena pada umumnya jurusan manajemen seharusnya melakukan kegiatan magang ini di sebuah perusahaan yang ada keterkaitan dengan ekonomi ataupun akuntansi seperti bank dan koperasi, akan tetapi kami yakin di instansi yang berbeda kami juga bisa mengaplikasikan teori yang selama ini kami dapatkan dikampus,” ujar Sigit.

Sigit kepada majalahlarise.com menyampaikan dalam melaksanakan magang selama kurang lebih dua bulan, pengalaman tentu menjadi hal utama yang di rasakan mengetahui bagaimana lingkungan dan proses kerja yang sebenarnya. Secara umum dirinya mengaku mengambil banyak sekali pelajaran dari magang kerja yang dilakukannya. 

Dia mengatakan bahwa tidak semua instansi yang terlihat tidak relevan dengan jurusan kuliahnya bukan berarti bahwa kita tidak bisa mempelajari pekerjaan yang ada disana, jadi tidak ada lagi alasan bagi mahasiswa untuk mengucapkan salah jurusan.

"Banyak orang menganggap bahwa pekerjaan yang ada di Kantor Urusan Agama sama sekali tidak relevan dengan jurusan saya dan mereka bilang saya tidak akan bisa bekerja disana. Saya tidak menyalahkan itu semua, saya anggap meraka benar pada awalnya namun ketika saya sudah terjun dan ikut andil dalam pekerjaan di Kantor saya bisa beradaptasi dan saya yakin bahwa saya bisa menyesuaikan pekerjaa yang ada disana. Ada beberapa bagian yang menurut saya relevan dengan yang saya pelajari di kampus yaitu pada bagian administrasi dan Problem solving. Lama-kelamaan saya terbiasa dan saya sadar bahwa walaupun jurusan kita tidak relevan bukan berarti kita tidak bisa mempelajari hal baru dan menurut saya tidak ada lagi alasan mahasiswa tidak semangat kuliah karena mereka anggap diri mereka salah jurusan," ungkapnya.

Disampaikan pula, pengalaman Praktik Kerja atau Magang ada manfaat yang dirasakan seperti memahami tentang perkantoran dan sistem kerja di dunia nyata, mengetahui prosedur pelayanan publik, mendapat banyak link yang berguna untuk kedepannya dalam mencari pekerjaan. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top