Prodi Kesmas Univet Bantara Gelar Kuliah Praktisi Hygiene Industry

Print Friendly and PDF

Kegiatan kuliah praktisi Hygiene Industry secara daring.


Prodi Kesmas Univet Bantara Gelar Kuliah Praktisi Hygiene Industry

Sukoharjo- majalahlarise.com -The International Occupational Hygiene Association (IOHA) mendefinisikan Hygiene Industry sebagai disiplin ilmu yang di dalamnya melakukan kegiatan mengantisipasi, mengenali, mengevaluasi dan mengendalikan bahaya kesehatan di lingkungan kerja dengan tujuan untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan pekerja serta melindungi masyarakat pada umumnya. 

Hygiene Industry atau yang disebut juga sebagai hygiene lingkungan kerja ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh di Prodi S1 Kesehatan Masyarakat FKM Univet Bantara Sukoharjo. 

Guna meningkatkan pemahaman dan menambah pengalaman para mahasiswanya, Nur Ani, S.K.M., M.K.K.K. selaku dosen pengampu mata kuliah Higiene Lingkungan Kerja mengadakan kuliah tambahan terkait implementasi Higiene Lingkungan kerja di industri semen. Sabtu (11/12/2021).

Kegiatan ini dibuka oleh ketua program studi S1 Kesehatan Masyarakat, Nine Elissa Maharani, S.K.M., M.Kes yang sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini dan berharap kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa akan tetapi juga dapat bermanfaat bagi lembaga ke depannya. 

Selanjutnya kegiatan ini diisi oleh narasumber Sony Virawan, S.Si., M.K.K.K., AAIK (Praktisi K3 di industri semen sekaligus sebagai Corporate OH&S Management System di PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Tbk, Kab. Bogor). Materi yang disampaikan lebih ke arah penjelasan tentang konsep AREC (Antisipasi, Recognisi, Evaluasi dan Control) pada lingkungan kerja di industri semen. Selain itu memberikan gambaran potensi-potensi bahaya di lingkungan kerja dan cara pengukuran serta tindak lanjutnya. 

Kegiatan yang digelar secara daring ini diikuti oleh mahasiswa kelas regular (42,5%) dan kelas alih jenis (57,5%) dengan total mahasiswa yang hadir sebanyak 113 orang dan kegiatan ini berjalan dengan lancar. (Anie/ Sofyan)


Baca juga: Unisri Gelar Seminar Anti Korupsi 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top