Mahasiswa Unisri Membantu Pelayanan Pembaruan KTP Online

Print Friendly and PDF

Mahasiswa magang Unisri, Asis Fernanda saat membantu layanan pembuatan KTP online.


Mahasiswa Unisri Membantu Pelayanan Pembaruan KTP Online 

Solo- majalahlarise.com -Masa pandemi Covid-19 mengharuskan setiap orang untuk berjaga diri. Khususnya untuk kesehatan masing-masing pribadi. Setiap orang harus mampu untuk menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19 dimanapun berada. Dengan protokol kesehatan yang ketat, belum juga membuat kesadaran setiap masing-masing manusia untuk taat prokes yang sudah pasti untuk diri mereka sendiri.  

Mulai Juli 2020, Kecamatan Banjarsari memulai persiapan untuk peralihan pelayanan masyarakat. Semula pelayanan masyarakat dalam pengurusan berkas keperluan dari setiap masyarakat dilayani secara langsung, diubah menjadi pelayanan online yang berbasis web dengan aplikasi yang bernama Dukcapil dalam genggaman. 

Melalui kampus Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan kegiatan Magang, Mahasiswa Unisri yang bernama Asis Fernanda yang berkegiatan magang di Kecamatan Banjarsari Surakarta dengan status PKL dan ditempatkan di bagian pelayanan masyarakat. Dalam pelayanan masyarakat inilah yang sebelumnya pelayanan dilayani secara langsung (offline) beralih menjadi pelayanan dalam jaringan (online). Pelayanan yang dimaksud adalah pembuatan KTP/KIA/KK/SKP/SKD yang berbasis web melalui aplikasi Dukcapil dalam genggaman yang dapat diakses melalui smartphone. 

Pada kesempatan yang diberikan oleh pihak kecamatan dan telah diarahkan dan dibimbing oleh kepegawaian yang ada di tempat, mahasiswa Unisri (Asis Fernanda) mendapati salah seseorang Ibu-ibu yang datang di Kecamatan Banjarsari dalam keperluan pembaruan KTP dikarenakan rusak dan melapor dan dilayani seketika. Mahasiswa Unisri tersebut langsung menjelaskan bahwa untuk pelayanan pembaruan KTP hanya dapat diakes dengan pelayanan online melalui aplikasi

"Mohon maaf bu untuk pembaruan KTP nya sekarang pelayanannya online melalui aplikasi Dukcapil dalam gemggaman," ujarnya.

Tetapi karena tidak mengerti teknologi, ibu ini tidak bisa melakukan pembaruan secara online maka mahasiswa Unisri tersebut memberikan pelayanan serta edukasi penggunaan aplikasi Dukcapil dalam genggaman. Dengan beberapa berkas pendukung (F.102, KTP lama, KK) mahasiswa Unisri mulai mengajari bagaimana caranya melakukan pembaruan KTP dengan smartphone melalui aplikasi dukcapil dalam genggaman. 

"Ini ibu daftar, login, kemudian masuk pada menu KTP dan ibu upload foto berkas pendukung F.102, KTP lama, KK, untuk pengajuan pembaruan KTP, kalau sudah di tap kirim, kemudian tinggal menunggu pemberitahuan berikutnya," ujarnya. 

Kegiatan tersebut berjalan lancar dan tanpa hambatan. Untuk ibu-ibu yang mengajukan pembaruan KTP hanya tinggal menunggu pemberitahuan selanjutnya. Setelah selesai, ibu-ibu ini berpamitan sembari mengucapkan terimakasih. (Fer/ Sofyan)


Baca juga: Bangun Karakter Kepedulian, SMP Muhammadiyah PK Galang Dana untuk Korban Gunung Semeru


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top