Mahasiswa Unisri Magang Kerja di Kantor Kementrian Agama Surakarta

Print Friendly and PDF

Mahasiswa Unisri saat magang kerja di Kemenag Surakarta.


Mahasiswa Unisri Magang Kerja di Kantor Kementrian Agama Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Kantor Kementrian Agama (Kemenag)  menerima mahasiswa UNISRI Surakarta dalam program kegiatan magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL). Mereka adalah Gilang Pamungkas, Sigit Priyono dan Achamd Umam dari Prodi Manajemen dengan didampingi  dosen pembimbing  Fabiani Rengganesti, S.E., M.M. melaksanakan magang di Kantor Kementrian Agama Surakarta lalu di tempatkan di Kantor Urusan Agama dimulai dari tanggal 1 November 2021-31 Desember 2021.

Praktek kerja atau Magang merupakan mata kuliah dengan upaya meningkatkan sumber daya manusia dalam hal ini Mahasiswa dibekali pengetahuan di KUA selama magang, baik itu pengetahuan yang ada kaitannya dengan Kampus maupun pengetahuan yang bersifat umum, sesuai dengan tupoksi KUA. Dalam Praktek Kerja Lapangan diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman kerja di perusahaan atau instansi agar bisa menyesuaikan diri sesudah lulus dari perguruan tinggi.

Kepala Kemenag Surakarta, Drs. H. Muslim Umar, M.Ag. berharap kerjasama antar pihak KUA dan Unisri  yang  terjalin berjalan baik dan harmonis, sehingga kedepannya mahasiswa yang magang di KUA bisa nyaman dan bekerja dengan baik.

Mahasiswa magang, Gilang Pamungkas kepada majalahlarise.com menyampaikan dalam kegiatan magang selama kurang  lebih dua bulan, pengalaman tentu menjadi hal utama yang dirasakan mengetahui bagaimana lingkungan yang baru dan bertemu orang-orang baru serta proses kerja yang sebenarnya di lapangan.

"Saya mempunyai banyak pengalaman sebagai resepsionis (pelayan tamu) yang berhadapan dengan orang langsung , pembuatan surat numpang nikah (rekomendasi), input data orang yang mendaftar pernikahan, legalisir surat, membuat agenda surat masuk, mencari dokumen untuk orang validasi data (jonggolan), pengambilan buku nikah dan memberi informasi kepada tamu ketentuan baru dari pemerintah kepada tamu yang mau nikah di kantor KUA dan para saksinya bahwa KTP dengan domisili Solo harus menujukan surat vaksin dan KTP domisili luar Solo harus vaksin dan menujukan surat rapid atau antigen, selama magang di KUA Banjarsari selalu ramai orang," jelasnya.

Setelah dari magang KUA diharapkan bisa berbaur dengan masyarakat, pengalaman praktik kerja. Manfaat yang dirasakan seperti memahami tentang  sistem kerja di dunia nyata, sehingga mereka pun bisa bermanfaat untuk diri nya dan masyarakat. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top