Mahasiswa UNISRI Magang di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta

Print Friendly and PDF

Dyah Puspita Ningsih saat mengerjakan tugas magang.


Mahasiswa UNISRI Magang di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Pada tahun 2021 adanya virus Covid-19 menimbulkan adanya pembatasan mobilitas, tetapi hal tersebut tidak menjadi kendala bagi pelaksanaan magang yang dalam setiap kegiatannya dilakukan dengan menaati protokol kesehatan. Mahasiswa magang MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan kegiatan Magang di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta. 

Kegiatan Magang dilaksanakan sejak tanggal 1 November – 31 Desember 2021, mahasiswa fakultas ekonomi universitas Slamet Riyadi Surakarta melaksanakan program magang kerja MBKM. Salah satunya adalah Dyah Puspita Ningsih, mahasiswa semester 7 prodi akuntansi dengan DPM (Dosen Pembimbing Magang) Risya Khaerun Nisa, SE, M.Sc di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Surakarta. 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Surakarta yang beralamat di Jl. Menteri Supeno No.10 Manahan, Surakarta. Yang dipimpin oleh Ir. Gatot Sutanto, M.Si, mempunyai fungsi penyelenggaraan pemerintah Daerah di bidang lingkungan hidup yang meliputi Tata Lingkungan, Kebersihan, Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, Ruang Terbuka Hijau dan pertamanan, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan, penaatan Hukum dan pengembangan Kapasitas Lingkungan kabupaten Surakarta.

Penyerahan cinderamata kepada pimpinan DLH kota Surakarta.

Di DLH sendiri mempunyai 4 bidang yang mempunyai tugas masing – masing. Bidang pertama adalah bidang Tata Lingkungan. Bidang yang kedua adalah Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3. Bidang yang ketiga adalah Bidang Pengendalian dan Pengelolaan Lingkungan. Dan bidang yang terakhir adalah Bidang Penataan Hukum dan Penataan Kapasitas Lingkungan.

Kegiatan yang saya lakukan selama magang adalah membantu tugas – tugas di seksi pengelolaan sampah pada Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3. Pada Bidang ini dibagi menjadi 3 seksi, yaitu yang pertama adalah seksi kebersihan, yang kedua adalah seksi pengelolaan sampah dan yang ketiga adalah seksi pengelolaan limbah B3.

"Diseksi Pengelolaan Sampah, saya bertugas dalam memasang, merapikan, mendata dan cek ulang SKRPP/K. Kemudian, Menginput data Sampah TPA Putri Cempo, Menginput data Setoran Harian SKRPP/K, Menginput data Jumlah KK disetiap Kelurahan dan menginput Pemutakhiran data RPP/K RT. Lalu, Menghitung jumlah uang setoran harian SKRPP/K. Serta Membantu pengarsipan dokumen dan mengirim surat – surat. Juga membantu dalam kegiatan-kegiatan lainnya yang dilakukan di Seksi Pengelolaan Sampah," terang Dyah Puspita Ningsih kepada majalahlarise.com.

Diungkapkan pula, perasaan selama kegiatan magang ini adalah senang dan semangat. Karena selain mendapatkan pengalaman dan ilmu baru. Karyawan di DLH sendiri sangat welcome dan ramah, sehingga magang kerja terasa ringan dan menyenangkan.

"Diharapkan selama 2 bulan ini, dapat menambah pengetahuan tentang aktivitas yang terjadi dalam Perusahaan tempat magang dan dapat menunjang pengetahuan secara teoritis dari materi perkuliahan. Juga dapat menjadi contoh sikap yang baik ketika nanti terjun di dunia kerja yang sesungguhnya," harapnya. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top