GURU SEBAGAI GARDA TERDEPAN DUNIA PENDIDIKAN

Print Friendly and PDF

GURU SEBAGAI GARDA TERDEPAN DUNIA PENDIDIKAN

Oleh : Novi Transisiana, S.Pd.SD

SDN Tambakreja 01 Cilacap Selatan Jawa Tengah

Novi Transisiana, S.Pd.SD


       Guru yang berkualitas akan memberikan dampak yang besar bagi dunia pendidikan yang berkualitas pula. Seiring waktu perkembangan zaman yang akan terjadi lebih lagi guru akan tetap menjadi garda terdepan untuk selalu bergerak mengikuti zaman. Laju perkembangan zaman yang sangat pesat di berbagai aspek kehidupan membuat banyak sekali perubahan yang menyertai era globalisasi. Salah satunya adalah perkembangan Teknologi Informasi yang juga mempengaruhi berbagai transformasi pendidikan. Perkembangan Teknologi Informasi yang sangat pesat ini membawa pendidikan kepada era digital. Berbagai macam teknologi dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam pembelajaran.

       Pendidikan di era ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Dalam konteks ini guru menjadi garda depan yang dituntut untuk responsif terhadap perkembangan zaman. Guru sebagai garda terdepan di dalam dunia pendidikan dituntut untuk memiliki karakter sebagai berikut:

Guru yang adaptif dan melek teknologi 

       Seorang guru yang mampu membawa diri dan beradaptasi dengan segala perkembangan yang terjadi. Penguasaan dan keterampilan mengoperasikan gadget dan aplikasi e-learning yang dapat memfasilitasi siswa di dalam pembelajaran di era yang serba digital dan online. Transformasi pendidikan harus segera dilakukan ke arah yang lebih maju karena pendidikan juga memegang peranan penting di dalam kemajuan sebuah negara.

Life long learner 

       Guru abad 21 yang akan terus belajar, menyesuaikan apa yang menjadi rencana pembelajarannya sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Guru harus terbuka dengan info dan ilmu-ilmu yang baru yang terus berkembang seiring perkembangan zaman. Life long learner tentunya akan membawa dampak yang positif terhadap diri guru. Inovasi-inovasi yang akan diciptakan oleh seorang guru yang terus mengembangkan ilmu dan kreatifitasnya akan menghasilkan pembelajaran-pembelajaran yang berkualitas dan menarik bagi siswanya. Guru juga akan memberikan contoh sebagai pembelajar seumur hidup kepada para siswanya karena semua orang yang mencapai kesuksesan dalam hidup di bidang apapun adalah life long learners.

Guru sebagai role model 

       Peran guru secara utuh sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, "orang tua" di sekolah tidak akan bisa digantikan sepenuhnya dengan kecanggihan teknologi. Karena sentuhan seorang guru kepada siswa memiliki kekhasan yang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang atau digantikan teknologi. Guru dituntut mampu menunjukkan perilaku-perilaku dan teladan yang dapat dicontoh oleh siswanya. Nilai-nilai positif yang ditanamkan seorang guru menjadi perhatian khusus bagi siswanya. Dengan kebiasaan-kebiasaan positif yang selalu ditanamkan oleh seorang guru maka siswapun dapat melihat sebuah keteladanan yang dapat mereka contoh dalam kehidupan sehari-hari.

       Guru yang mampu menggali potensi peserta didik Pada dasarnya semua siswa memiliki kecerdasan dan potensi diri masing-masing. Kecerdasan dan potensi ini idealnya diasah semenjak dini agar potensi peserta didik dapat berkembang optimal. Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan potensi diri siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran yang mampu mengakomodir potensi intelektual, bakat khusus dari seorang siswa.

       Peningkatan kompetensi-kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru merupakan suatu proses yang berkelanjutan. Tuntutan dunia internasional terhadap dunia pendidikan merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi seorang guru. Maka dari itu terus semangat untuk bapak ibu guru di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top