SMPN 8 Surakarta Terima Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat

Print Friendly and PDF

Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd saat menerima Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat.


SMPN 8 Surakarta Terima Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat

Solo- majalahlarise.com -Menindaklanjuti program Lomba Sekolah Sehat Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidikan Kota Surakarta Tahun 2021 mengadakan visitasi terhadap 10 nominasi Sekolah Sehat Tingkat SMP untuk menentukan Juara I, II,dan III. 

Namun untuk kali ini hanya ada lima sekolah yang dikunjungi. Visitasi ini dilakukan pada Selasa, 23 November 2021 mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Tempat yang dikunjungi antara lain, SMP Negeri 8 Surakarta, SMP Negeri 1 Surakarta, SMP Muhammadiyah Program Khusus, SMP Negeri 9 Surakarta, dan SMP Negeri 11 Surakarta.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menerima kedatangan Tim Penilai Lomba Sekolah sehat ( LSS ) tingkat Kota Surakarta untuk melakukan penilaian serta pembinaan terhadap SMP Negeri 8 Surakarta. Sekolah ini memang sudah menjadi juara III (tiga) tigkat Kota Surakarta beberapa tahun yang lalu. 

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Tim Visitasi Lomba Sekolah Sehat (LSS),  tingkat Kota Surakarta untuk menilai prestasi sekolah dalam melaksanakan dan pengelolaan sekolah sehat untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM)  yang berkualitas.

Tim visitasi Lomba Sekolah Sehat yang terdiri dari lima orang yakni Abi Satoto,  Hartoyo, Finda, Tutik, dan Danar. Ketua Tim Visitasi, 

Abi Satoto menyampaikan bahwa Lomba Sekolah Sehat (LSS) bukan hanya lomba sesaat saja namun lomba ini sangat penting untuk merangsang dan memotivasi siswa dalam membentuk berperilaku sehat dan bersih. 

Harapan dari Ketua Tim bahwa dengan terselenggaranya lomba ini dapat memberikan semangat bagi sekolah yang ada di Kota Surakarta agar terus meningkatkan pola hidup sehat. LSS merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kesehatan sekolah. Selanjutnya melalui pembinaan dan pengembangan kebiasaan hidup sehat, yang dilakukan secara terencana, terpadu dan berkelanjutan.

Kepada Tim penilai, Kepala SMP Negeri 8 Surakarta sangat berharap supaya bisa memberikan masukan dan evaluasi terhadap berbagai kelemahan, yang mungkin masih ditemui demi penyempurnaan yang lebih baik kedepan, saat memberikan sambutan dalam penyambutan Tim Penilai di ruang Kepala Sekolah bersama Panitia Lomba Sekolah Sehat. Begitupun, harapan disampaikan Ketua Tim Visitasi, kepada Kepala Sekolah dan Panitia Lomba Sekolah Sehat, agar terus meningkatkan semangat, bukan hanya untuk mengikuti lomba saja, untuk mewujudkan sekolah yang sehat dimasa yang akan datang. 

Tim Penilai Sekolah Sehat Kota Surakarta mengatakan, tujuan kedatangan tim selain melakukan penilaian lomba Sekolah Sehat juga akan melakukan pembinaan. Dengan terselenggara penilaian ini dapat memberikan semangat bagi sekolah yang ada di SMP Negeri 8 Surakarta untuk terus meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas bagi Peserta Didik.  

Dengan upaya tersebut, diharapkan mampu memantapkan dan meningkatkan pola hidup sehat melalui sekolah, sehingga pada akhirnya kita dapat membentuk manusia Indonesia yang berkualitas sehat jasmani dan rohani.

Penilaian dari segi fisik, Tim Visitasi masih menemukan tempat sampah tidak diplastik, seharusnya diplastik agar ketika membuang sampah lebih higienis dan lebih mudah. Tempat sampah harus dalam kondisi tertutup/ada tutupnya dan harus dipilah mana yang sampah medis maupun sampah non-medis. Semua kelas alat kebersihan dijadikan pada satu tempat (terpusat pada satu tempat) tidak diletakkan di dalam kelas. Dalam kepramukaan di tambah materi Hak Konvensial Anak (HKA). 

Materi tersebut kaitannya dengan Sekolah Ramah Anak. Untuk kawasan bebas merokok harus sudah sesuai Perda, dibuat agak besar dan di beberapa tempat, agar bisa terlihat oleh semua orang. Untuk SMP Negeri 8 Surakarta tidak memberikan tempat khusus untuk merokok.

Tim Visitasi berharap kepada setiap sekolah yang dinilai supaya bisa menerapkan Trias UKS seperti pendidikan kesehatannya, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Selain itu, adanya inovasi-inovasi sendiri dimasing-masing sekolah, untuk program kesehatannya terutama gerakan masyarakat untuk selalu menjalankan hidup sehat.

Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta menyampaikan setelah melakukan Visitasi Tim Penilai LSS, melakukan evaluasi dan pembinaan dan memberikan apresiasi atas kondisi yang ada. Tim Visitasi Lomba Sekolah Sehat menyempatkan foto bersama Panitia LSS sebelum meninggalkan SMP Negeri 8 Surakarta. (Sofyan)


Baca juga: Muhdiyatmoko Terpilih Pimpin FGM Solo Periode 2021-2023


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top