PROJECT BASED LEARNING PEMBUATAN PUPUK KOMPOS UNTUK MENUMBUHKAN RASA PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI KINGDOM MONERA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRACIMANTORO

Print Friendly and PDF

PROJECT BASED LEARNING PEMBUATAN PUPUK KOMPOS UNTUK MENUMBUHKAN RASA PEDULI  LINGKUNGAN PADA MATERI KINGDOM  MONERA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PRACIMANTORO

Oleh : Ary Pujiastuti, S.Pd

Guru Biologi SMAN 1 Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah

Ary Pujiastuti, S.Pd


       Pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Kurangnya minat siswa tentang peduli lingkungan mengakibatkan siswa menjadi kurang bertanggungjawab dan disiplin.

Secara global ada lima tujuan peduli lingkungan yang disepakati internasional yaitu pertama, dalam pengetahuan membantu individu dan kelompok mendapatkan pengalaman serta pengetahuan untuk menjaga lingkungan yang berkelanjutan. Kedua, dalam bidang kesadaran membantu individu dan kelompok peka terhadap permasalahan yang berhubungan dengan lingkungan. Ketiga, bidang perilaku membantu untuk memperoleh serangkaian nilai perasaan peduli terhadap lingkungan dan motivasi untuk berpartisipasi aktif dalam perbaikan dan perlindungan lingkungan. Keempat, bidang keterampilan membantu individu dan kelompok untuk mendapatkan keterampilan untuk mengidentifikasi mencegah dan memecahkan permasaahan lingkungan, dan yang kelima bidang partisipasi memberi kesempatan dan motivasi untuk terlibat pelestarian lingkungan.

     Proses pembelajaran yang diterapkan pada peserta didik tidak ditentukan oleh waktu. Pembelajaran biologi ada tiga aspek  eksperimen, mikrokopis dan makrokopis yang saling berhubungan dan diharapkan peserta didik dapat menguasainya selama proses pembelajaran. Berdasarkan kondisi diatas maka untuk pembelajaran biologi menerapkan model Project Base Learning dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik  dalam pemecahan masalah proyek. Memperoleh pengetahuan dan ketrampilan baru dalam pembelajaran serta membuat peserta didik lebih aktif dalam memecahkan masalah yang kompleks dengan hasil dan produk yang nyata.

       Penulis sebagai guru biologi menerapkan model Project Based Learning dalam pembuatan kompos kelas X SMAN 1 Pracimantoro. Adapun langkah-langkahnya yaitu menyiapkan wadah atau bak untuk fermentasi pupuk kemudian mengumpulkan sampah organik yang cepat terurai atau lama terurai. Setelah itu mencampur sampah tersebut dengan sedikit kotoran hewan karena kotoran hewan mengandung bakteri selulosa yang dapat membantu fermentasi atau bisa dengan menggunakan bibit bakteri yang dijual di toko pertanian. Lalu disimpan di bak pengeraman untuk beberapa hari hingga sampah hancur. Kemudian peserta didik mencoba memberikan pupuk kompos yang dibuatnya ke tanaman yang ada dan mengamatinya.

       Dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning  pada siswa kelas X  SMA N 1 Pracimantoro dalam pembuatan kompos mampu meningkatkan rasa peduli lingkungan. Hal ini dapat dilihat dari peserta didik sangat bersemangat dalam membuat kompos.   


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top