Prodi Kesehatan Masyarakat Univet Gelar Kuliah Pakar Sesi-2

Print Friendly and PDF

Tampilan layar kegiatan kuliah pakar prodi Kesehatan Masyarakat Univet Bantara Sukoharjo.


Prodi Kesehatan Masyarakat Univet Gelar Kuliah Pakar Sesi-2

Sukoharjo- majalahlarise.com -Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat menyelenggarakan Kuliah Pakar Sesi ke – 2 dengan tema METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DALAM PENELITIAN KESEHATAN. Sabtu (27/11/2021).

Hadir dalam acara ini Ketua YPPP Veteran Sukoharjo Drs. Bambang Margono, MM., Rektor Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum., Ketua Senat Fakultas Kesehatan Masyarakat Drs.Budhi Rahardjo,S.H.,M.Si., Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Titik Haryanti, S.KM.,M.P.H.,Wartini S.KM.,M.Sc, Ketua Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat dan Sekretaris Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat Nine Elissa Maharani, S.KM.,M.Kes dan Iik Sartika, S.KM.,M.Kes, Dosen Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat, Tenaga Kependidikan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Mahasiswa Program Studi S-1 Kesehatan Masyarakat, Praktisi, Peneliti dan Tenaga Kesehatan, mahasiswa dari berbagai Universitas lain dengan jumlah jumlah peserta sebanyak 250 peserta.

Kegiatan yang dilaksanakan secara on-line melalui Aplikasi Zoom dibuka oleh Ketua YPPP Veteran Sukoharjo Drs. Bambang Margono, MM. Dalam sambutannya menyampaikan sebagai upaya untuk lebih mendalami mengenai aplikasi metode penelitian kualitatif dibidang kesehatan, maka Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

 Kegiatan ini juga menghadirkan Dr. Argyo Demartoto., M.Si yang merupakan Dosen dari Universitas Sebelas Maret Surakarta sebagai pakar dalam bidang penelitian kualitatif. Kegiatan ini menjadi penting untuk diikuti khususnya bagi mahasiswa dengan disiplin ilmu kesehatan. 

"Penelitian-penelitian kualitatif banyak dan penting digunakan untuk menggali dan memperdalam informasi yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan peneliti dalam penelitiannya," terang dia.

Menurut testimoni dari salah satu peserta kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan kuliah pakar ini sangat menarik dan penting sekali sebagai bekal pengetahuan untuk melakukan penelitian kualitatif. Banyak wawasan serta ilmu yang didapatkan oleh para peserta sehingga banyak sekali pertanyaan yang disampaikan kepada Bapak Dr. Argyo Demartoto., M.Si selaku pakar yang menyampaikan materi dalam kegiatan tersebut.

Riset kualitatif merupakan tipe riset yang temuan- temuannya tidak diperoleh lewat prosedur statistik ataupun wujud hitungan yang lain serta berupaya menguasai serta menafsirkan arti sesuatu kejadian interaksi tingkah laku manusia dalam suasana tertentu bagi perspektif periset sendiri. 

Riset kualitatif merupakan riset yang bertabiat deskriptif serta cenderung memakai analisis. Proses serta arti (perspektif subjek) lebih ditonjolkan dalam riset kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan selaku pemandu supaya fokus riset cocok dengan kenyataan di lapangan. Riset kualitatif diketahui semenjak tahun 1960- an serta kerap diucap tata cara alternatif  (alternative method). Tata cara ini tidak memakai persoalan yang rinci, tetapi diawali dengan yang universal namun setelah itu meruncing serta mendetail. Tata cara kualitatifmemperlakukan partisipan selaku subjek bukan objek sehingga partisipan menyangka dirinya berharga sebab data dari mereka sangat berguna. (Sofyan)


Baca juga: PG Paud Unisri Gelar Workshop dengan dengan Media Loose Part 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top