PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI KELAS XII IPA SMAN 1 PRACIMANTORO

Print Friendly and PDF

PENGGUNAAN SOFTWARE GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI KELAS XII IPA SMAN 1 PRACIMANTORO

Oleh : Warsito, S.Pd

Guru Mata Pelajaran Matematika SMA Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah

Warsito, S.Pd


       Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor, Dunia pendidikan merupakan salah satu  dari sekian sektor yang paling nyata terkena dampaknya. Dampak tersebut membawa imbas positif bagi seorang guru. Dengan kondisi yang terjadi saat ini, seorang guru yang tidak ingin  tertinggal, mau tidak mau harus berusaha untuk membuat inovasi baru dalam pembelajaran. Pelajaran matematika  dianggap  sebagai mata pelajaran yang sulit oleh sebagian besar siswa dalam semua jenjang pendidikan. Hal ini memaksa guru matematika untuk mengembangkan kreativitas sebagai seorang pendidik dan pembelajar. Untuk menyikapi hal tersebut, penulis sebagai guru matematika di SMA Negeri 1 Pracimantoro khususnya kelas XII, mencoba menggunakan aplikasi GeoGebra  sebagai media pembelajaran pada materi turunan fungsi trigonometri.

       Sebagian besar siswa mengalami kesulitan yang tinggi dalam memahami materi turunan fungsi trigonometri. Terutama siswa dengan kemampuan numerical sense (pengertian numerical/penghitungan) yang rendah. Hal ini disebabkan karena dalam materi ini, siswa tidak hanya dituntut untuk memahami konsepnya saja, akan tetapi juga mampu menyelesaikan penghitungan angka atau bilangan dan visualisasi dalam bentuk grafis.

       Salah satu program komputer (software) yang dapat digunakan sebagai media   pembelajaran matematika adalah program GeoGebra. GeoGebra adalah program komputer (software)  untuk membelajarkan matematika khususnya geometri dan aljabar. Program GeoGebra sangat bermanfaat bagi guru maupun siswa. Tidak sebagaimana pada penggunaan software komersial yang biasanya  hanya bisa dimanfaatkan di sekolah, Geogebra dapat diinstal pada komputer pribadi dan dimanfaatkan kapan dan di manapun oleh siswa. Bagi guru, GeoGebra sangat memungkinkan untuk mengkreasi lingkungan belajar online interaktif dan memberikan kesempatan siswa untuk mengeksplorasi berbagai konsep-konsep matematika.

       Penggunaan program GeoGebra memberikan  beberapa manfaat, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghasilkan visualisasi bentuk  geometri yang cepat dan teliti dibandingkan dengan menggunakan alat manual seperti pensil, penggaris, atau jangka.

2. Dapat menampilkan animasi dan gerakan-gerakan manipulasi, sehingga dapat memberikan visualisasi  yang lebih jelas bagi siswa dalam memahami konsep aljabar termasuk turunan fungsi.

3. GeoGebra dapat digunakan sebagai alat bantu bagi siswa untuk menemukan suatu konsep matematis, misalnya tempat kedudukan titik-titik atau karakteristik grafik suatu fungsi.

       Sebelum program GeoGebra dapat digunakan pada komputer pengguna harus mengunduh aplikasi GeoGebra terlebih dahulu. Aplikasi GeoGebra tersedia di situs http://www.geogebra.org/. untuk mengunduh file ini silahkan masuk ke situs tersebut kemudian pilih link Installer. Installer GeoGebra juga tersedia dalam beberapa platform berbeda. Pilih installer yang sesuai dengan sistem operasi yang anda gunakan. Setelah installer selesai didownload kemudian jalankan instalasi dan ikuti langkah instalasi sampai selesai.

       Menu utama GeoGebra adalah: File, Edit, View, Option, Tools, Windows, dan Help untuk menggambar objek-objek geometri. Menu File digunakan untuk membuat, membuka, menyimpan, dan mengekspor file, serta keluar program. Menu Edit digunakan untuk mengedit lukisan. Menu View digunakan untuk mengatur tampilan. Menu Option untuk mengatur berbagai fitur tampilan, seperti pengaturan ukuran huruf, pengaturan jenis (style) objek-objek geometri, dan sebagainya. Sedangkan menu Help menyediakan petunjuk teknis penggunaan program GeoGebra. 

       Adapun langkah pembelajaran Matematika menggunakan aplikasi  adalah sebagai berikut:

1. Pendahuluan: Guru membuka kelas baik virtual meeting maupun tatap muka dengan salam dan berdoa. Peserta didik menjawab salam dan ikut berdoa. Selanjutnya, guru memberikan instruksi pada siswa untuk menyimak dengan baik, dan menjelaskan tugas yang harus dilakukan peserta didik.

2. Inti: Guru membuka dan menjelaskan pembelajaran turunan fungsi trigonometri dan penerapan yang mungkin dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya menampilkan video langkah-langkah penggunaan media di GeoGebra yang harus disimak oleh peserta didik. Guru menampilkan hasil materi turunan fungsi pada siswa. Siswa memahami materi dengan baik, mengemukakan pertanyaan, dan menyampaikan arti penting turunan fungsi  dalam iptek dan kehidupan. Setelah peserta didik memahami materi dengan baik, guru meminta peserta didik untuk menyelesaikan masalah dengan konsep yang telah disampaikan. Guru memberikan apresiasi pada siswa yang kreatif dan komentar serta koreksi jika ada kesalahan hitungan pada beberapa hasil peserta didik.

3. Penutup: Bersama peserta didik, guru membuat kesimpulan dari materi turunan fungsi. Guru memberikan tugas individu pada peserta didik untuk mengumpulkan hasil perhitungan sebagai tagihan. Guru menutup pertemuan dengan doa dan salam.

       Pembelajaran menggunakan GeoGebra  ini sangat membantu pembelajaran materi Turunan Fungsi Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Pracimantoro dengan cara yang menyenangkan, sehingga motivasi peserta didik meningkat. Kondisi ini dapat mendorong hasil belajar siswa juga meningkat. 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top