CANVA TINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT GREETING CARD

Print Friendly and PDF

CANVA TINGKATKAN KREATIVITAS MEMBUAT GREETING CARD

Oleh : Wahdini Tri Hapsari, S.Pd

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Selogiri, Wonogiri Jawa Tengah




       Abad 21 merupakan abad adanya pergeseran kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menggeser SDM berketerampilan tingkat rendah (pekerjaan tangan) dengan pekerjaan SDM berdaya kreativitas tinggi. Kreativitas adalah satu satunya kemungkinan bagi negara berkembang untuk tumbuh sehingga selaku guru pembelajaran pada abad 21 perlu mengorientasikan pembelajaran untuk menghasilkan peserta didik yang berdaya kreativitas tinggi. Hal ini lebih cepat tercapai manakala proses peserta didik menjadi subyek aktif mengkontruksi pengalaman belajar, berlatih berpikir tingkat tinggi (HOTS), dan mengembangkan kebiasaaan mencipta (habit creation).

       Mata pelajaran Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di SMP. Pembelajaran Bahasa Inggris diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis, baik dalam situasi formal maupun informal. Selain itu, pembelajaran bahasa diharapkan mampu menjadi bekal bagi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan dan untuk mengembangkan kemampuan dalam berfikir serta mengembangkan keterampilan siswa dalam mengemukakan gagasan dan perasaan. Banyak cara yang diinginkan oleh guru agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan optimal.

       Pada mata pelajaran Bahasa Inggria di SMP Negeri 3 Selogiri materi Greeting card  Kelas VIII semester I, Greeting card (kartu ucapan) adalah sebuah teks dalam bahasa Inggris yang berisi tentang ungkapan/ harapan/ ucapan yang dikirim untuk seseorang dalam peristiwa/ momen-momen tertentu. Biasanya greeting card lebih sering dihiasi juga dengan sebuah gambar dan penuh warna (colorful).  Dengan materi yang sangat menarik tersebut  guru menggunakan media Canva sebagai solusi agar pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Media canva merupakan media pembelajaran yang tidak tercantum di dalam buku siswa dan buku guru, sehingga media ini cukup menarik dan efektif jika digunakan sebagai media tambahan.

       Media Canva  ini sangat memudahkan siswa dalam menerima informasi atau pembelajaran yang diberikan oleh guru, sehingga nilai yang diperoleh siswa meningkat, selain itu dapat disimpulkan bahwa media canva  ini cukup efektif dan baik digunakan sebagai penunjang pembelajaran yang creative dan innovative.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top