Apresiasi Satu Set Alat Tulis dan Menggambar Untuk Sepuluh Karya Terbaik Siswa SD Kandangsapi, Surakarta

Print Friendly and PDF

Penyerahan satu set alat tulis dan menggambar.


Apresiasi Satu Set Alat Tulis dan Menggambar Untuk Sepuluh Karya Terbaik Siswa SD Kandangsapi, Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Sebagai bentuk penghargaan dari sekitar 50an karya mewarnai ini diambil 10 karya terbaik untuk mendapatkan piagam penghargaan dan satu set alat tulis dalam totebag unik yang dilanjutkan sesi foto bersama, dimana sesi pengumuman sekaligus penyerahan dilakukan di halaman sekolah. 

Karya-karya tersebut hasil dari aksi mewarnai gambar yang dilakukan oleh siswa SD Negeri Kandangsapi Surakarta yang berjumlah sekitar 50-an yang sangat antusiasme dalam mewarnai bidang gambar yang sudah disediakan oleh panitia. 

Materi gambar yang sudah disediakan oleh tim mahasiswa  ini berisi pesan ataupun info seputar Covid-19, seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, jaga jarak, dan informasi lainnya yang digambarkan dengan ilustrasi gaya kartun yang dekat dengan karakter anak-anak. 

Melalui media rekreasi dan edukasi berupa aktifitas mewarnai dan mendengarkan dongeng di ruang kelas masing-masing dengan tetap mematuhi prokes, dimana sekitar 50-an siswa SD Negeri Wonowoso, Mojosongo di Surakarta sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan Kampanye Budaya Bersih dan Sehat yang diselenggarakan oleh tim dosen dan mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta pada Selasa, 23 Nopember 2021 sebagai pelaksanaan hibah dari KemenkoPMK dan Forum Rektor Indonesia. 

Event kreatif yang merupakan kolaborasi antara pihak kampus, komunitas, dan sekolah ini dirancang sebagai kegiatan pelaksanaan dari Hibah Kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) melalui Partisipasi Masyarakat pada tahun 2021 ini lewat mewarnai gambar yang berisi untuk selalu waspada dan tangguh hadapi pandemi dengan pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi prokes. 

Krisna, salah satu siswa kelas III terlihat asyik dalam mewarnai gambar yang bertema seputar prokes ini dengan media pastel. Begitu juga siswa yang lain dengan semangat menuangkan goresan sehingga diharapkan dari event kreatif dapat memberi pesan edukasi kepada siswa untuk selalu patuh dan menjaga kesehatan. 

Di sela-sela aktifitas mewarnai, juga diadakan sesi mendongeng oleh Kak Tarwo dari Komunitas Dongeng Istana Nusantara yang membuat gelak tawa siswa dengan melihat olah vokal dan tubuh yang menyesuaikan alur cerita tentang kisah serangga dan menjaga kebersihan. 

Selain itu, menurut salah satu panitia mahasiswa Alya Nur Fadila bahwa kegiatan ini sangat baik dalam mengenalkan prokes yang benar kepada siswa melalui aktifitas seni sehingga anak merasa terbebas. 

Selanjutnya sebagai Kepala Sekolah, Dian Budiarti, M.Pd menjelaskan bahwa pemberian penghargaan sebagai apresiasi kepada siswa didik dalam mengembangkan bakat khususnya di bidang seni rupa nantinya, serta tetap menjalankan pola hidup prokes baik di sekolah maupun di rumah sesuai semangat Gerakan Nasional Revolusi Mental yang sedang digalakkan ini. 

Alsi kreatif ini diselenggarakan kerjasama ini sebagai penerima hibah GNRM tahun 2021 yang melibatkan berbagai komunitas seperti Istana Dongeng Nusantara dan Komunikotavisual. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top