LUPA MENGAKTIFKAN SHARE SOUND SAAT ZOOM MEETING, SAKITNYA TUH DI SINI

Print Friendly and PDF

LUPA MENGAKTIFKAN SHARE SOUND SAAT ZOOM MEETING, SAKITNYA TUH DI SINI 

Oleh: Apri Edy Wibowo, S.Pd

Guru SDN 01 Ngasem Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Apri Edy Wibowo, S.Pd


       Masa pandemi Covid -19 yang harus kita hadapi berjalan 2 tahun ini memberikan banyak pembelajaran hebat dalam dunia pendidikan. Kesulitan pembelajaran jarak jauh masih ditemui sampai saat ini, namun pembelajaran tetap harus berjalan dengan terus menekan kesulitan yang ada dengan solusi dan inovasi tepat dan lebih tepat lagi. Pun jika kendala atau kesulitan itu masih ditemui dengan versi yang lain tidaklah menjadi penghalang untuk guru terus melaju dalam mencerdaskan generasi muda Indonesia.

 Syukur kepada Allah harus terus kita panjatkan karena semakin kesini kondisi pandemi semakin menunjukkan penurunan siaga dan/atau level di setiap daerah di Indonesia. Pun demikian kebijakan pembelajaran tidaklah serta merta full menghadirkan peserta didik ke sekolah. PTM (Pembelajaran Tatap Muka) terbatas menjadi sebuah solusi dan kelegaan tersendiri diatas kerinduan dan kesulitan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

       Blended tetap menjadi kewajiban, dimana guru saat PTM akan mengajar dalam 2 dunia, yakni dunia nyata dan dunia maya. Zoom meeting menjadi salah satu aplikasi ciamik yang digunakan guru saat mengajar di dunia maya ketika blanded. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi andalah guru saat melakukan PJJ. Aplikasi ini mempunyai banyak kelebihan dan kemudahan dalam penggunaannya. Peserta didik pun juga merasa senang menggunakan aplikasi ini saat PJJ. 

      Tak dapat dipungkiri bahwa pasti ada kendala dalam penggunaan aplikasi ini oleh peserta didik maupun guru. Kendala/kesullitan yag sering didapat peserta didik dalam menggunakan aplikasi ini adalah HP yang kurang support, susah sinyal dan kehabisan paket data. Sedangkan kendala yang dialami guru dalam menggunakan aplikasi ini adalah kurang memahami penggunaan fitur-fitur pada aplikasi ini. Solusi dari kendala yanng dialami oleh guru ini dapat diobati dengan banyak belajar mengenai fitur-fitur aplikasi zoom meeting di youtube. Sederhana, menyenangkan, tidak menghabiskan banyak waktu dan dijamin ampun menyembuhkan kendala yang dialami guru.

       Namun akan berbeda cerita saat kia sudah paham penggunaan fitur-fitur pada aplikasi zoom meeting ini namun kita lupa menerapkannya. Itu yang saya alami. Dan terjadi saat saya sedang semangat-semangatnya zoom meeting dengan peserta didik saya dan saya lupa mengaktifkan share sound. Video menarik yang saya tampilkan otomatis muncul tanpa suara saat saya tayangkan. Duh sakitnya tuh disini. Sungguh bagi guru di sekolah dasar negeri bisa zoom meeting dengan peserta didik itu adalah hal langka, karena kia jelas tidak bisa setiap harinya melakukan PJJ dengan menggunakan aplikasi ini dengan melihat berbagai faktor dari peserta didik yang tidaklah bijak jika kita paksakan setiap pertemuan dengan melakuan vcon melalui zoom meeting.

       Nampak hal kecil memang, hanya lupa mengkatifkan share sound. Namun hal tersebut lumayan berdampak sistemik jatuhnya dalam pelaksanaan sintak saat pembelajaran, dimana hal tersebut harus segera diantisipasi oleh guru jika terlanjur terjadi saat pembelajaran daring, antara lain dengan mengirim link youtube video tersebut pada WAG (WhatsApp Group) kelas kita mengajar supaya mereke membuka secara mandiri.

       Tidak panik, berusaha mengalihkan perhatian peserta didik dari kendala yang kita temui dan segera gercep (gerak cepat) melakukan solusi dari kendala yang kita temui saat pembelajaran adalah laksana skill khusus yang wajib dimiliki guru. Terus semangat para pendidik Indonesia, semoga perjuangan kita ini termasuk ibadah. Jangan lelah, jangan menyerah. Terus belajar, terus berinovasi dan berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa. 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top