Rumah Belajar KKN Univet Bantara Sukoharjo Adakan Pembelajaran Hitung dan Membaca Siswa SDN 1 Ngandong, Eromoko

Print Friendly and PDF

Adinda Bunga saat mengajar.

Rumah Belajar KKN Univet Bantara Sukoharjo Adakan Pembelajaran Hitung dan Membaca Siswa SDN 1 Ngandong, Eromoko 

Wonogiri- majalahlarise.com -Rumah Belajar KKN Univet Bantara Sukoharjo adakan pembelajaran hitung dan membaca kepada murid SDN 1 Ngandong. Kegiatan mengajar ini dilakukan oleh mahasiswa KKN bernama Adinda Bunga di posko KKN yang beralamat di Dusun Sidowayah Kulon RT 02 RW 05 Ngandong Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri. Rumah Belajar Univet digagasnya untuk menjadi program utama yang dapat ia lakukan sebagai bentuk kontribusi terhadap pendidikan anak-anak di tempat tinggalnya. Kamis, (2/9/2021).

Kondisi belajar mengajar yang masih belum bisa dilaksanakan secara tatap muka di sekolah membuat beberapa orang tua mengeluhkan adanya kendala yang dialami oleh anak-anak sekolah di SDN 1 NGANDONG. Pembelajaran yang kurang efektif membuat para siswa merasa bingung akan materi yang diberikan. Kurang bisa bertanya langsung kepada guru membuat minat belajar siswa menurun. Para orangtua pun harus ekstra dalam mengawasi dan membantu anak mereka untuk belajar. Sebelum melakukan pembelajaran di Rumah Belajar Univet, Adinda terlebih dahulu melakukan survei dan koordinasi metode pembelajaran serta kendala apa yang dialami oleh para guru di SDN 1 NGANDONG.

Menurut Adinda, terdapat beberapa murid yang masih belum bisa membaca dan berhitung dikarenakan kurang adanya intensitas dalam belajar. Selama pandemi anak-anak kurang memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru melalui media WhatsApp maka dari itu kecapaian pemahaman akan sulit tercapai. Kondisi sinyal yang susah membuat aktivitas belajar daring juga mengalami kendala. Pembelajaran daring (salam jaringan) tidak bisa dilaksanakan melalui pemanfaatan aplikasi Zoom atau Gmeet karena terkendali kondisi geografis yang minim sinyal. Sehingga para guru di SDN 1 NGANDONG kurang bisa menjelaskan materi secara langsung kepada murid. 

Sehingga dengan adanya Rumah belajar Univet Bantara Sukoharjo ini disambut dengan baik oleh para orangtua. Mereka berharap agar anak-anak tidak malas belajar dan mampu meningkatkan semangat dalam belajar kembali. 

"Selama pembelajaran yang berlangsung di massa pandemi ini anak saya susah diajak belajar. Jadi saya berharap dengan adanya Rumah Belajar Univet ini anak-anak mau diajak belajar. Terlebih anak saya yang memang susah kalau saya ajak belajar." ujar Emi sewaktu ditemui di Rumah Belajar Univet. 10.00 WIB. 

Dengan mengajarkan berbagai mata pelajaran, Adinda lebih memfokuskan untuk memberikan pelajaran matematika dan membaca. Dengan dibantu media gambar angka dan huruf ia berharap dapat memudahkan anak dalam memahami pelajaran yang ia berikan. Selain itu, pelaksanaan Rumah Belajar Univet ini tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan memakai masker. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top